Tika, Kampanyekan Jilbab Dengan Ilustrasi

Minggu, 29 Januari 2012 (5:13 am) / Creative Features

Creative Feature kita kali ini menampilkan seorang ilustrator muda yang mempunyai karya segudang. Ilustrasi karyanya seringkali menghiasi buku-buku anak di salah satu penerbit di Bandung. Yak, inilah dia Syarifah Tika Irmasari alias Tika atau Tieqa. Alumnus ITENAS Bandung yang menyukai masakan Jepang ini mempunyai ciri khas dalam setiap ilustrasinya, yakni bentuk chibi* yang lucu dan menggemaskan dengan paduan warna-warna cerah, tak heran ia pun banyak mengerjakan ilustrasi pada buku-buku anak diluar pekerjaan kantornya.

Dara kelahiran Balikpapan ini pun punya misi mulia dalam berkarya, ia mengkampanyekan busana jilbab melalui ilustrasi. Yap, Tika yang memakai jilbab dalam kesehariannya ini ingin agar muslimah lain juga mempunyai kesadaran untuk menutup aurat. Menurutnya jilbab itu penting dan wajib bagi seorang muslimah, oleh karena itu ia sampaikan secara tak langsung melalui ilustrasi-ilustrasinya yang lucu dan keren.

Tanpa banyak ba bi bu lagi, langsung kebet aja deh wawancara Fimadani dengan penggemar Danboard** ini:

————

Halo, Assalamu’alaikum Tika, kenalin diri kamu dong ke pembaca Fimadani.

Halo, Assalamu’alaikum pembaca Fimadani nama saya Tika, apa kabar? Saya ilustrator buku anak yang suka banget sama dunia ilustrasi anak, Japanese and Korean wave, crafting, ‘Danboard’, dan makan diskonan apalagi gratisan hehe..

Sejak kapan tertarik dengan dunia ilustrasi?

Mulai saya beranjak 5 tahun. Ayah memberikan saya majalah anak-anak Jepang dan tontonan anime (film animasi Jepang-red) direkam di kaset VHS yang diberikan oleh rekan kerjanya. Sejak saat itu saya senang sekali meniru gambar-gambar manga. Lalu sewaktu saya di SMP, saya mengenal komik dan mulai belajar menggambar lagi sampai iseng membuat karya komik di buku tulis. Secara nggak langsung melatih kemampuan saya menggambar sampai sekarang.

Siapa saja yang menjadi inspirasi kamu dalam membuat sebuah karya?

Semua yang saya lihat tiap hari adalah inspirasi saya. Semua kegiatan dari mulai bangun tidur sampai tidur lagi. Apalagi sesaat sebelum tidur, disitu semua pemikiran dan ide justru keluar semua.

Pernah mendapat penghargaan dari karya-karya kamu?

Pujian, saran, kritik, apresiasi, dan bermanfaatnya karya yang saya buat adalah suatu bentuk penghargaan bagi saya.

Apa yang menjadi ciri khas dalam karya kamu, dan mengapa kamu mengembangkan ciri khas tersebut?

Ciri khas karya saya adalah bentuk karakter yang chibi, saya suka sekali dengan gaya gambar ini. Selain karena lucu dan imut, menurut saya karakter chibi juga menggambarkan dunia anak-anak dari segi emosi maupun fisiknya yang simpel.

Siapa saja artis yang pernah berkolaborasi sama kamu?

Sejauh ini ada Mrbumbz a.k.a Herry Panda (mrbumbz.deviantart), chia (chia-4rmfuture.deviantart), Karisma Mulyawati (sadisticima.deviantart) dan calon suami saya–Adhika Nugraha (sidagupanjang.deviantart) yang pernah berkolaborasi dengan saya.

Proyek ilustrasi (komersil atau non komersil) apa saja yang pernah kamu terlibat didalamnya?

Karya ilustrasi komersil dari tahun 2008 sampai sekarang diterbitkan oleh beberapa penerbit [KKPK Dunia Kue (Dar! Mizan), Pintar Bersama Bernard : Tentang Sulap dan Pesulap (Dar! Mizan), KKPK The Pinker Princess (Dar! Mizan), Pintar Bersama Bernard : Siapa Pembuat Es Krim Pertama di Dunia? (Dar! Mizan), Penyihir Cilik Pintar Matematika (Kaifa), Upin Ipin : Ayo berlatih Mengenal Angka (layouting; Dar! Mizan), Upin Ipin : Berlatih Mengenal Huruf Yuk (layouting; Dar! Mizan), Aku Anak Shaleh (Al Kautsar), Prince of Light : Si Cerdas dari Baghdad (Lingkar Pena), Ensiklopedia Shalat for Kids (Dar! Mizan), Young, Rich & Famous (Kaifa), KKPK Adventure Day (Dar! Mizan), Kenapa Halal Kenapa Haram for Kids (Dar! Mizan), Aku Tahu Minyak Bumi dan Sumber Energi Lainnya (Dar! Mizan), KKPK Loli The Little Fairy (Dar! Mizan), Muslim Boys : Aku Selalu Berdoa dan Bersyukur (Dar! Mizan), Muslim Boys : Aku Selalu Sholat 5 Waktu (Dar! Mizan)]

Juga ada selipan-selipan proyek seperti desain kaos anak muslim di www.kaosalesia.com, desain gambar buat kaos custom, pembuatan animasi pengajaran tentang kesehatan gigi dan mulut untuk Roadshow Zwitsal Kids ke sekolah dasar , dan lain-lain.

Karya kamu pernah memenangkan kontes di Muslim Manga, share dong ke kita bagaimana proses pembuatan karya tersebut hingga kamu bisa menjadi salah satu pemenang.

Wah kontesnya sudah lama banget tuh. Untuk prosesnya sih nggak ribet-ribet banget, saya mengaplikasikan huruf  S untuk menjadi bentuk wanita berhijab dan menggabungkannya dengan tulisan Muslim Manga.

Agak serius dikit nih, hehe.. Sebagai muslimah yang memakai jilbab, menurut kamu sejauh apa urgensi dari berjilbab itu sendiri dan bagaimana kamu mempertahankannya di tengah cukup banyaknya Islamophobia sekarang ini?

Waduh saya jadi mendadak tegang nih kalau diajak ngomong serius hehe.. Berjilbab itu jelas suatu kewajiban, nggak usah dikasih tahu pun seharusnya para akhwat tahu makna wajib itu sendiri, tetapi karena kita tinggal di negara yang masyarakatnya mudah terpengaruh budaya luar dan sangat konsumtif jadi makna wajib itu memudar dan terkadang malah jadi menyimpang. Untuk mempertahankannya tentu berdo’a dan terus berpegang teguh dengan keyakinan. Sembari kita timbal balik mempengaruhi masyarakat makna kewajiban itu. Misalkan dakwah kecil-kecilan dengan komik ataupun ilustrasi yang tidak menggurui, hanya sekedar mengingatkan kembali sambil berdo’a semoga apa yang kita karyakan bisa tersampaikan dengan baik.

Banyak karya-karya kamu yang menggambarkan wanita berjilbab, ada niatan mengkampanyekan busana jilbab melalui ilustrasi?

Naaah.. Nyambung tuh sama jawaban disebelumnya. Yup betul, Insya Allah, saya memang berniat mengkampanyekan busana jilbab melalui ilustrasi.

Apa pencapaian terbesar yang ingin kamu raih melalui ilustrasi kamu?

Ingin karya-karya saya dapat dinikmati semua orang di seluruh negara, terutama karya-karya yang menyimpan makna agama Islam. Saya juga masih punya impian yang masih belum teralisasi, untuk membuat buku karya sendiri dari konsep cerita, ilustrasi dan desain.

Kedepan, siapa saja yang ingin sekali kamu ajak berkolaborasi?

Siapa aja boleh, hehe.. Karena saya ngga bisa sering-sering online jadi ngga bisa komunikasi sering sama artis-artis lain, jadi kalau ada yang berminat kolaborasi sama saya ‘towel-towel’ saya aja ya di facebook atau komen di deviantart, hehe..

Tips-tips agar tetap kreatif dalam berkarya?

Rajin! Rajin pacaran sama buku sketsa, rajin pacaran sama komputer, rajin cuci mata lihat buku-buku ilustrasi di toko buku, rajin sharing karya, rajin berdo’a dan beribadah, hehe..

Terima kasih banyak Tika, Wassalamu’alaikum. 

Wa’alaikumsalam, terimakasih ya Fimadani sudah memilih saya untuk sharing. Semoga bermanfaat buat pembaca Fimadani, Aamiin~

______________________________________________________________

Art Gallery: http://tieq.deviantart.com
Facebook: http://facebook.com/syarifahtika
Twitter: http://twitter.com/tieqa
E-mail: putrikodokmerindukanramen@yahoo.com
______________________________________________________________

*) salah satu gaya ilustrasi khas Jepang, dimana obyeknya berbentuk seperti anak kecil, berkepala agak besar, lucu dan terkesan childish.

**) robot berbentuk kotak kardus, yang ada dalam serial komik asal Jepang, Yotsuba.

Download all files: Click Here

Redaktur: Tata Rifa

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2014 Designed & Developed by Ibrahim Vatih