Fimadani.com merupakan portal media yang menyajikan informasi yang terbentuk berdasakan teknologi perpaduan web platform, social network dan hipertextmedia.

Dengan adanya perputaran informasi dan perkembangan teknologi yang pesat, Fimadani hadir dengan berbagai fitur yang modern. Informasi yang disampaikan diperbarui secara berkelanjutan yang termuat dalam beberapa rubrik, menjadikannya sebuah portal media yang bisa dipercaya.

Portal dengan Tagline “Bersatu Dalam Bingkai Madani” ini mulai dirintis bersama pada tanggal
24 Maret 2011 dan resmi dilaunching pada tanggal 26 April 2011.

Alamat redaksi:
Gendeng, Timoho, GK IV No 911, Yogyakarta

Ibrahim Vatih

CEO & Web Developer
On: Facebook & Twitter

Salah satu individu yang berpengaruh atas berdirinya website ini. Yang mengurusi bagian dapur, mulai dari desain logo, sistem identitas, desain web, tahap coding, hingga maintenance. Aktifitasnya lebih banyak memantau konten yang berlalu lalang dan hal-hal teknis terkait website.

Bocah kelahiran Jakarta 8 April 1992 yang memutuskan berhenti sekolah sejak tamat SMP ini juga memiliki hobi fotografi dan menulis. Banyak tulisan yang dituangkan dalam blog pribadinya; Vatih.com. Yang sering dicap gila banyak pihak karena pemikirannya yang (katanya) nyeleneh, terlebih jika berbicara tentang pendidikan sekolah.

Rio Purboyo

Public Relations
On: Facebook & Twitter

Adalah seorang pembicara dengan prinsip pelatihan yang menghibur, memberdayakan, dan menggerakkan, sekaligus seorang penulis yang terus menajamkan inspirasi menuju lingkaran pengaruh seluas mungkin. Mendengarkan peserta dengan aktif-positif dan melontarkan umpan balik melalui humor yang pas, membuat pendengar membuka pikiran dan perasaannya –dan seringkali, ketika para pendengar tertawa, tanpa terasa mereka telah menerima pesan pentingnya.

Dengan menggunakan serangkaian pertanyaan yang tepat, beliau membantu para peserta melihat, mendengar, dan merasakan langsung dampak positif dari pendekatan konsultasi kreatifnya yang santun. Pintu peluang pun makin terbuka menuju jalan-jalan naik peningkatan kualitas kehidupan pribadi, keluarga, dan karier.

Ahmad Fat-han Fauza

Copywriter & Branding Consultant
On: Facebook & Twitter

Seorang yang masih merasa anak-anak, namun telah memiliki seorang anak berusia 1 tahun ini lahir di Jakarta pada 12 September 1990. Pemikirannya dalam hal pendidikan juga kurang lebih sama seperti Ibrahim Vatih. Memutuskan untuk keluar dari tembok akademis. Memilih belajar tanpa sekat-sekat ruang kelas, tanpa mengejar angka skor, dan tanpa berharap selembar kertas ijasah.

Pengalamannya dalam jurnalistik pertama kali ia dapat saat ia terlibat dalam tim redaksi majalah sekolah. Tahun pertama, ia dipercaya sebagai editor sekaligus layout designer yang membuatnya terpaksa sering bolos demi menyelesaikan proyek majalahnya. Tahun kedua, ia masih mendapat jabatan yang sama; plus ia juga menjabat sebagai pimpinan redaksi.

Di sela-sela waktunya, ia juga sering mengerjakan pembuatan desain & atribut branding berupa logo, identity system, brand name, & tagline.

Anis Khatulistiwa

Editor & Contributor
On: Facebook, Twitter & Multiply

Usianya terhitung mulai tanggal 7 September 1986. Anak kedua dari empat bersaudara ini menumpang lahir di Magelang, namun besar di Bengkulu. Setelah lulus kuliah ia berprofesi sebagai pelayan masyarakat di salah satu kota kecil di pedalaman Sumatera Utara, Rantauprapat.

Suami dari Rahayu Slamet ini memiliki antusias pada banyak hal. Video amatir, desain grafis, blogging, membuat komik dan ilustrasi. Tidak lupa, laki-laki kurus dan berkulit gelap ini juga menyukai bike 2 work (karena memang tidak punya kendaraan lain).

Shabra Syatila

Editor & News Hunter
On: Facebook & Multiply

Lelaki kurus berkacamata ini lahir tanggal 17 Sya’ban 1408 di salah satu ruang Unit Gawat Darurat di Kabupaten Sleman. Semenjak kecil ia dididik di sekolah pemerintah yang sekuler. Namun, saat ia kuliah di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara sejak tahun 2006, ia mulai dididik secara formal tentang tsaqafah islamiyah di sebuah ma’had keislaman yang bernama Ma’had Tarbiyah MBM. Ma’had ini berada di bawah manajemen Masjid Baitul Maal STAN yang merupakan Lembaga Dakwah Kampus di kampus plat merah tersebut.

Di akhir tahun 2010, negara menugaskannya untuk mengabdi sebagai pelayan di salah satu pelosok Bumi Sulawesi, tepatnya di Kotamobagu, Sulawesi Utara.

Dewi Lestari

Human Resource Development
On: Facebook & Twitter

Perempuan yang lahir dan dibesarkan di sebuah pelosok desa di Blora pada 3 Agustus 1985 yang merupakan bungsu dari 2 bersaudara ini lebih akrab disapa dengan sapaan Bolung (Bocah Ulung).

Sosok pendiam namun banyak tingkah ini telah menetap di Yogyakarta bersama keluarga kecilnya. Mengisi sebagian waktunya dengan mengajar tahsin Quran dan belajar bersama kaum ibu.

Seorang pembelajar ulung yang tak pernah lelah untuk belajar meski sering kali menjadi kaum minoritas. Menyukai dunia ibu dan anak, serta peduli pada lingkungan.

Yum Roni Askosendra

Editor & Redaktur
On: Facebook & Twitter

Biasa dipanggil Roni di lingkungan keluarga, tapi teman-teman memanggilnya dengan nama Yum. Telah menikah dengan Lenny Ramadhan Ningsih dan telah dikaruniai satu orang putri, Hafsah Qurratu Aini, dan satu orang putra, Syafiq Jawwad Alhafiz.

Pria ini juga pernah nyantri di Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi, dan mengikuti ‘Pesantren Negeri’ di Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) Padang Panjang.

Setelah puas mengenyam pendidikan di Sumatera Barat, ia melancong dan melanjutkan studi di Fakultas Syariah Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta, salah satu cabang dari Universitas Islam Imam Ibnu Saud, Riyadh, Kerajaan Arab Saudi. Ia memiliki hobi yang berhubungan dengan dunia tulis dan baca, termasuk hobi terjemah. Saat ini ia juga bekerja sebagai editor di salah satu penerbit buku Islam Jakarta.

Fadli Rahman

Editor & Redaktur
On: Twitter

Fadli Rahman, seorang anak kelahiran bumi triarga, putra minang yang dibesarkan ditengah kota Jakarta. Tidak sengaja tinggal di kalangan menengah keatas Jakarta, yang sudah lekat dalam nuansa individualis dan tertutup. Kemudian menemukan konfigurasi kepribadian yang lebih luas dan inklusif di kalangan anak nongkrong Jakarta, pada akhirnya kembali pada aktifitas keberbaikan di kajian keislaman sekolah dan kampus.

Anggota Forum Lingkar Pena ini pernah bertekad untuk tidak menulis lagi hingga memiliki peneduh mata, tetapi kini mencoba kembali berkontribusi untuk dunia kepenulisan. Meski butuh waktu untuk membiasakan diri kembali. Saat ini disibukkan dengan kembali kekancah tempat kepribadianya terbentuk, dengan menjadi aktifis dakwah sekolah dan spesialisasi Leadership Training dan Spiritual Engineering.

Kontributor

Di Fimadani ada sederetan kontributor yang Insya Allah semuanya merupakan orang yang berkompeten dalam bidang masing-masing. Mereka rutin memberikan karya tulis untuk berbagi dan berdakwah melalui media ini. Beberapa pengelola redaksi juga merangkap sebagai kontributor.

Akmal Sjafril

Kolom: Pemikiran Islam
On: Facebook, Multiply & Twitter.

Pria lulusan S1 Teknik Sipil ITB ini dikenal luas sebagai blogger dan peserta Program Kaderisasi Ulama Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII). Setelah bukunya yang berjudul Islam Liberal 101 meledak di pasaran, ia kini aktif menjadi narasumber untuk masalah-masalah pemikiran Islam di berbagai media.

Ibnu Setya

Kolom: Oase
On: Fimadani Only.

Lahir di Bantul, Yogyakarta. Pria yang juga berprofesi sebagai Trainer dan Motivator ini juga memiliki hobi membaca dan menulis. Sengaja meluangkan sejenak waktunya demi memberikan kontribusi untuk Fimadani.

Deri Rizki Anggarani

Kolom: Kesehatan
On: Facebook

Penulis yang satu ini lebih mengkhususkan pembahasan-pembahasannya pada dunia kesehatan. Beberapa bukunya juga telah banyak beredar di pasaran. Perempuan yang asli Bandung dan merupakan Alumni FK UGM ini juga aktif di beberapa kegiatan sosial dan dakwah.

Cahyadi Takariawan

Kolom: Keluarga
On: Blog.

Akrab disapa Pak Cah, seorang bapak rumah tangga. Saat ini aktif sebagai trainer dan Konsultan di Jogja Family Center (JFC), Ketua Dewan Pembina YP2SU, Staf Ahli Pusat Psikologi Terapan Metamorfosa, Penulis, dan Senior Editor PT Era Adicitra Intermedia. Telah menulis puluhan buku yang menjadi best seller.

Nabela Hafshah

Kolom: Ekonomi Islam
On: Multiply & Twitter.

Mahasiswi prodi Ekonomi Islam kosentrasi Perbankan Syariah. Aktif di LiSEnSi, sebuah Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) UIN Syarif Hidayatullah, menjadi layouter dan editor buletin LiSEnSi dan juga penulis di koran dakwah fakultas DEADLINE yang dikelolah oleh LDF Fakultas Syariah dan Hukum.

Abdullah Muadz

Kolom: Opini, Pengembangan Diri
On: Fimadani.

Pimpinan Assyifa Boarding School ini juga aktif sebagai aktivis sosial. Mendedikasikan hidupnya dan keluarganya untuk memberikan manfaat pada banyak orang. Telah dikaruniai 6 orang anak.

Ady Purwanto

Kolom: Peradaban Islam & Sirah Nabawiyah
On: Facebook.

Lahir di Pekalongan, 6 Februari 1984. Saat ini tinggal di Purbayan, Kotagede Yogyakarta bersama istri tercintanya. Bekerja di PT Bangun Griya Madina sebagai marketing dan juga mengajar di LPIM (Lembaga Pendidikan Islam Mujahidin) UNY untuk Sirah dan Fiqh Dakwah.

Elka Ferani

Kolom: Muslimah
On: Facebook.

Penulis kelahiran Denpasar, 21 Februari 1980. Sebagian besar tulisannya berjenis cerpen, namun belakangan mulai tertarik menulis kisah-kisah nyata penuh hikmah yang diambil dari perenungan dan pengalaman keseharian. Ia juga tengah mengembangkan sebuah bisnis berkonsep bekerja dari rumah, yang erat kaitannya dengan pengelolaan berat badan dan gaya hidup sehat.

Sukma Danty

Kolom: Keluarga
On: Multiply & WordPress.

Seorang yang sangat concern di dunia pendidikan anak dan psikologi praktis, fasilitator sekolah rumah dan mengkhususkan diri membina balita (pre-school) untuk mempersiapkan mereka memasuki gerbang sekolah, sekaligus pengusaha bidang jasa kecantikan (salon muslimah) di Yogyakarta.

Hesty Arnize

Kolom: Kesehatan
On: Fimadani Only.

Saat ini masih berstatus mahasiswi semester akhir di Politeknik Kesehatan Jakarta III, jurusan Kebidanan Rs. Harapan Kita. Punya ketertarikkan dengan dunia web design, design grafis dan dunia gambar menggambar. Mempunyai cita-cita untuk membuat sebuah rumah bersalin sekaligus merangkap percetakkan design grafis.

Ihsan Baihaqi

Kolom: Keluarga
On: Facebook

Penulist Buku Best Seller “Sudahkah Aku Jadi Orangtua Shalih” dan Fasilitator Pelatihan Orangtua PSPA di lebih dari 40 kota 15 Propinsi di Nusantara

Seto Buje

Kolom: Art Features
On: Multiply, Facebook & Blog.

Ilustrator freelance yang suka ngemil sambil iseng-iseng mengamati sub-kultur anak muda. Tinggal di Bekasi dan bercita-cita bikin mural di tembok Apertheid wilayah Tepi Barat. Kesibukannya saat ini adalah bermimpi sambil berdiri dan beraksi sambil berlari.

Asri Widiarti

Kolom: Muslimah & Keluarga
On: Facebook.

Merupakan ibu rumah tangga yang sudah lama berkecimpung dalam dunia dakwah dan menulis. Perempuan yang telah dikarunia 4 orang anak ini sekarang berdomisili di Minomartani, Ngaglik, Sleman.

Yazid Subakti

Kolom: Oase & Dakwah
On: Facebook.

Pria yang juga hobi menulis ini sudah menerbitkan beberapa karya tulis berupa buku yang bertemakan tentang kisah-kisah menggugah, juga beberapa tentang kesehatan. Alumnus UGM ini juga aktif di kegiatan sosial dan dakwah.

Hidayat Hamim

Kolom: Al Qur’an
On: Facebook.

Setelah menyelesaikan pendidikan Syari’ah di salah satu kampus di Yaman, pria ini mendirikan sebuah yayasan bernama Muntada Ahlil Quran sekaligus sebagai pengurus di sana. Yayasan tersebut merupakan sebuah komunitas untuk para penghafal qur’an yang informasinya bisa dilihat di website Muntada Qur’an.

Mukti Amini Farid

Kolom: Peradaban Islam
On: Fimadani Only.

Lahir di Purworejo, Jateng pada tahun 1972. Sejak dulu menyukai dunia menulis dan pernah menjadi redaktur majalah masa SMP dan SMA, tapi baru diseriusi akhir-akhir ini dengan belajar menulis di beberapa situs Islami dan menerbitkan buku ’keroyokan’. Sangat mencintai dunia pendidikan terutama anak-anak, ibu yang pernah memimpin ormas muslimah DKI Jakarta ini kerap mengisi berbagai seminar tentang parenting dan mengasuh acara tetap di TVE tentang pendidikan untuk anak SD.

DR Ahmad Zain An Najah

Kolom: Muslimah
On: Fimadani.

DR. Ahmad Zain An Najah merupakan lulusan Universitas Al Azhar pada Fakultas Studi Islam. Saat ini aktif sebagai Direktur Sekolah Tinggi Al Islam Bekasi, Pengurus Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Pusat, dan Peneliti INSIST.

Farid Asbani

Kolom: Oase
On: Facebook.

Perantau asal jogja yang hendak berbagi lewat dunia literasi, karena berbagi adalah investasi. Pekerjaan di dunia penerbitan yang ditekuninya selama 2,5 tahun membuatnya semakin mencintai dunia tulis menulis.

Amin Yadi

Kolom: Dakwah
On: Facebook & Multiply.

Pembelajar, penulis, trainer dan pengisi kajian di beberapa masjid dan majlis ta’lim. Concern terhadap pembinaan karakter dan kebangkitan umat, fokus dalam dakwah yang moderat dan mengedepankan persatuan. Kata yang paling menggambarkan adalah selalu belajar dari segala hal, relax, sederhana dan enak menjadi teman ngobrol.

Dr Amir Zuhdi

Kolom: Keluarga
On: Fimadani.

Pendiri Indonesian Golden Family, Direktur Golden Family Institute, Deklarator Indonesian Neuroscience Society, Menekuni Parenting Neuroscience, PKPU Cabang Sulawesi Utara, Narasumber di Manado Post, RAL FM, dan TVRI Sulut.

Rizky Mukhlisin

Kolom: Oase
On: Facebook.

Seorang suami, ayah dan abdi negara, serta abdi musholla. Setelah lulus dari STAN diamanahi oleh Allah untuk hidup dan berkarya di pulau Bali untuk melaksanakan tugas keuangan negara dan keuangan musholla di dekat tempat tinggalnya. Saat ini aktif juga sebagai pengurus Forum Lingkar Pena Badung, Bali.

Usman Al Farisi

Kolom: Opini
On: FacebookBlog.

Usman Alfarisi adalah nama pena dari Pirman. Seorang yang mencintai dunia baca dan tulis sejak bangku SMP. Buku pertamanya bertajuk Antologi Surat Cinta Untuk Murobbi telah diterbitkan oleh Paraplui Publishing – Yogyakarta pada bulan Juli 2011. Kini, penulis numpang hidup di Jl. Tole Iskandar 76 Kota Depok, Jawa Barat 16415.