Inilah Daftar Vitamin yang Dibutuhkan Wanita

Kamis, 15 November 2012 (3:04 pm) / Kesehatan

Hanya mengandalkan makanan yang kita asup setiap hari saja belum tentu kebutuhan vitamin dan mineral tercukupi. Terutama jika Anda hanya asal makan kenyang dan kurang memperhatikan asupan apa yang terkandung di dalamnya.

Untuk itu, baca info berikut. Inilah vitamin yang dibutuhkan oleh wanita sepanjang hidupnya.

Kalsium

Nutrisi ini sangat penting untuk pembentukan tulang dan regenerasi. Kecukupan kalsium di dalam tubuh dapat membantu mencegah terserang osteoporosis, disorientasi kepadatan tulang serta cacat pada tulang. Wanita berusia di bawah 24 tahun dianjurkan mengonsumsi kurang lebih 1200 mg kalsium per hari, sedangkan wanita berusia di atas 25 tahun dianjurkan mengonsumsi 800 mg kalsium saja per hari.

Zat Besi

Zat besi bermanfaat untuk membantu memperlancar siklus menstruasi. Dianjurkan untuk mengonsumsi 15 mg zat besi setiap harinya agar terhindar dari anemia, sakit kepala, cemas, dan pucat.

Zat besi ini bisa diperoleh dari aneka makanan seperti bayam, kacang-kacangan, daging serta ikan, dan makanan lainnya.

Asam Folat

Bukan hanya bayi saja yang membutuhkan asam folat, wanita dewasa juga membutuhkan setidaknya 400 mcg asam folat setiap hari. Asam folat penting semasa kehamilan terutama untuk mengurangi resiko keguguran dan bayi tidak berkembang, seperti dikutip dari Shine.com.

Vitamin D

Vitamin ini selain baik untuk tulang juga membantu mencegah wanita terserang kanker payudara dan kanker usus. Vitamin D juga sangat penting bagi sistem immune tubuh, sehingga mencegah tubuh mudah tumbang, mudah flu atau demam. Untuk wanita, jumlah asupan vitamin D yang disarankan adalah sejumlah 400 IU setiap harinya.

Vitamin C

Kaya akan antioksidan, vitamin C dapat membantu mencegah penyakit kanker, katarak, darah tinggi, stroke, jantung koroner dan penyakit jantung lainnya. Selain itu, mengonsumsi vitamin C secara rutin Anda dapat terjauh dari gusi berdarah, sariawan, kebotakan, dan rambut rontok.

Mulai sekarang, selalu perhatikan juga ya kandungan vitamin dan mineral apa saja yang Anda konsumsi setiap hari. Jangan sampai Anda hanya makan mengikuti nafsu makan, dan lupa memperhatikan manfaatnya untuk tubuh Anda.

Redaktur: Farid Zakaria

Copyright © 2011 – 2014