Wanita jaman sekarang tidak lepas dari bayang-bayang penyakit kanker dan tumor payudara. Penyakit yang satu ini memang menjadi salah satu resiko gaya hidup modern dan rentan stres pada wanita jaman sekarang. Kadang kita tak sempat melakukan olahraga dan sembarangan mengonsumsi makanan instant yang meningkatkan resiko kanker dan tumor payudara.

Jangan heran bila Anda mulai merasakan sakit atau nyeri di payudara Anda, mungkin ketakutan akan kedua penyakit ganas tersebut sudah mulai membayang-bayangi. Namun tahukah Anda, ada 5 macam nyeri di payudara yang tidak semuanya merupakan gejala kanker atau tumor payudara. Berikut ini beberapa jenis nyeri di payudara yang perlu Anda ketahui.

  • Plus 4.000 artikel Islami, 6.000 kitab, serta nasyid walimah & jihad.
    digitalhuda.com/?f1
  • Jual Jaket Motor Respiro Anti Angin dan Anti Air Cocok dipakai Harian maupun Touring
    www.JaketRespiro.com
  • Peluang Usaha Sambil Ibadah, Perwakilan Biro Umrah-Haji Plus dan Raih Reward Ratusan Juta Rupiah.
    www.rumahhajidanumrah.com
  • Sedia Baju Hamil, Baju Menyusui, Celana Hamil, Bra Menyusui, Nursing Pillow, Nursing Apron, dll.
    www.hamil-menyusui.com
  • Pusat Belanja Buku Islam Online Lengkap Dan Murni.
    tokopedia.com/tokobukumuslim
  • Film Rasulullah Muhammad SAW, Umar bin Khattab, Nabi Yusuf, Konspirasi Dajjal Akhir Zaman.
    rubystore.wordpress.com/

1. Kanker

Kita mulai dari penyebab terbesar nyeri-nyeri di payudara. Nyeri payudara yang disebabkan oleh kanker memang perlu diwaspadai. Oleh karena itu kita harus menyadari perubahan, benjolan atau apapun yang terasa janggal di payudara kita. Konsultasikan dengan beberapa dokter untuk mengetahui kejelasan gejala yang Anda alami.

2. PMS

Salah satu penyebab nyeri di payudara adalah PMS. Hal ini adalah pengaruh dari hormon estrogen dan progesteron yang mengalami naik turun sebelum, selama bahkan setelah menstruasi tiba. Kondisi berbeda-beda pada masing-masing wanita. Bila Anda merasa nyeri payudara tapi tak menemukan benjolan, mungkin Anda bisa melihat kalender apakah berdekatan dengan siklus menstruasi bulanan.

3. Hamil

Penyebab lain nyeri di payudara adalah ketika Anda sedang dalam masa kehamilan. Tidak jauh berbeda dengan PMS, hal ini juga dipengaruhi oleh kondisi hormonal. Bisa jadi dalam kondisi ini, payudara Anda mengalami nyeri sekaligus bengkak. Hal ini karena payudara juga mulai mempersiapkan diri sebelum anak lahir.

4. Puber

Well, bila nyeri terjadi pada masa remaja, bisa jadi Anda sedang mengalami perubahan dalam masa pubertas. Uniknya, nyeri payudara ini tak hanya dialami anak gadis, lho. Anak remaja pria juga bisa mengalami hal yang sama dalam pertumbuhannya.

5. Kista

Kista adalah salah satu penyebab umum mengapa wanita mengalami nyeri di payudara. Biasanya diatasi dengan operasi kecil. Kista muncul akibat perubahan tubuh dari remaja ke dewasa. Namun hal ini tidak selalu terjadi pada wanita.

Tidak perlu khawatir bila nyeri di payudara mendera. Cek perubahan yang terjadi dan apabila gejala berlanjut, Anda bisa berkonsultasi dengan beberapa dokter untuk memastikan apakah perlu diambil tindakan tertentu. Selalu sayangi payudara Anda.


Redaktur: Tata Rifa

Sebarkan pada dunia: KLIK DI SINI