4 Cara Menyiapkan Diri Menghadapi Persalinan

Kamis, 17 Mei 2012 (7:40 am) / Kesehatan

Ketika akhirnya Anda mengandung buah hati yang sudah lama Anda nantikan, pasti akan ada banyak nasihat dan saran yang Anda terima dari keluarga dan teman-teman. Hal ini dialami Josie Maran, model Maybelline, aktris, dan bintang reality show Dancing with the Stars.

“Waktu aku hamil anak pertama, orang-orang terus memberiku nasihat. ‘Jangan berolahraga terlalu berat’, ‘Jaga badan’, ‘Ketika hamil, kamu harus makan apapun yang kamu inginkan’, atau sebaliknya, ‘Kamu harus ekstra hati-hati dengan apa yang kamu makan’,” kata ibu dari Rumi Joon (5,5) yang tengah menantikan kelahiran anak kedua ini.

Kadang-kadang sulit menentukan, saran mana yang sebaiknya diikuti. Namun pada kehamilannya yang kedua ini, Josie merasa sudah lebih mengerti apa yang dibutuhkannya. Karena itu, ia berfokus pada apa yang sukses buatnya sendiri. Ia berharap, semua perempuan yang sedang menantikan kelahiran anak juga melakukan hal yang sama. Untuk Anda yang belum menemukan tips kehamilan yang cocok, cara yang diterapkan Josie ini mungkin bisa Anda tiru.

1. Peregangan ringan

Tubuh ibu hamil mengalami banyak perubahan, dan yoga prenatal sangat membantu Josie melalui berbagai perubahan tersebut. Josie mengaku amat merasa nyaman dengan kundalini yoga, karena membantunya untuk rileks dan melatih kemampuan bernafas yang akan dibutuhkan saat persalinan nanti.

2. Pilih metode persalinan yang tepat

Dulu orang hanya mengenal dua metode persalinan, normal atau caesar. Namun kini ada metode persalinan lain, seperti water birth, home birth, atau hypnobirthing. Josie menginginkan proses persalinan yang paling natural, dan akhirnya melahirkan putri pertamanya, Rumi, melalui metode home birth. Untuk Anda, ia menyarankan untuk mengeksplorasi semua pilihan yang ada, dan menentukan apa yang terbaik untuk anda.

3. Luangkan waktu berdua suami

Sebelum hari-hari Anda disibukkan dengan bayi yang baru lahir, sebaiknya Anda luangkan waktu berkualitas dengan suami. Gunakan masa-masa terakhir “pacaran” ini untuk jalan-jalan, nonton, dan tentunya pillow talk untuk membahas bagaimana metode yang Anda gunakan untuk mengasuh anak, atau konsep pendidikan yang Anda inginkan untuk anak.

4. Lakukan bonding dengan bayi di dalam kandungan

Bonding tak hanya bisa dilakukan setelah bayi lahir, tetapi juga sejak ia masih ada di dalam perut. Josie mengaku meluangkan waktu sebentar setiap harinya untuk melakukan hal-hal sederhana bersama bayinya, seperti menyanyi atau mengajak bayinya berbicara. Pilih lagu yang paling dapat mewakili perasaan Anda terhadap bayi yang akan lahir, untuk membantu menciptakan ikatan di antara Anda.

“Aku juga mengonsumsi kapsul minyak ikan bebas merkuri untuk perkembangan otak bayiku. Setiap aku mengonsumsinya, aku berpikir sedang ngobrol dengan intens bersama bayiku,” katanya.

Di luar itu semua, bagi Josie hal yang paling penting adalah merayakan waktu yang sangat istimewa ini. Menyadari ada mahluk mungil buah cinta Anda dengan suami di dalam tubuh Anda merupakan keajaiban terbesar bagi seorang wanita. Maka nikmati setiap momen kehamilan Anda, agar Anda melahirkan anak yang sehat dan juga bahagia.

Redaktur: Tata Rifa

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2014 Designed & Developed by Ibrahim Vatih