Syaikh Al Qardhawi: Jangan Takut Penerapan Syariah Islam di Mesir

Kamis, 21 Juni 2012 (12:08 am) / Uncategorized

Ulama Mesir yang tinggal di Qatar, Syaikh Yusuf Al Qaradhawi menjelaskan bahwa hasil belum resmi yang menunjukkan Dr Muhammad Mursi menang dalam Pilpres Mesir merupakan kemenangan revolusi Mesir yang agung (Great Eqypt Revolution), dimana dalam sambutan Dr Musri selepas mengumumkan kemenangan pemilihannya bahwa beliau akan menjadi Presiden bagi semua rakyat Mesir, dan akan berkhidmat kepada semua orang, Islam dan Kristian.

Di dalam wawancara telepon bersama Agensi Berita Jerman, beliau mengatakan, “Ada 2 calon, seorang yang mewakili Revolusi dan seorang lagi dari kalangan musuh, secara alami bahwa rakyat yang berdiri di sebelah wakil revolusi bukanlah dari golongan tua yang datang untuk memerintah Mesir sekali lagi….. kita tidak akan melawan mereka, akan tetapi hendaklah mereka meninggalkan Negara ini.”

Dalam komentar beliau atas pernyataan Dr Mursi yang mengatakan akan berkhidmat untuk orang Islam dan Kristian, Syaikh Al Qaradhawi berkata: “Tidak perlu takut kepada apenerapan Syariah Islam, apa yang penting adalah meningkatkan kepahaman. Syariah tidak bermaksud mengekang wanita dan mengambil pakaian mereka dengan cara paksa, dan kita menyuruh mereka memakai pakaian lain. Rakyat diberi kebebasan memilih dan tidak ada paksaan di dalam agama, dan tidak ada paksaan di dalam tingkah laku…. Kita mau rakyat memahami bahwa Syariah tidak bermaksud memaksa seseorang Islam dan Kristian pada kehendaknya.”

Dalam konstitusi Mesir 1971 menjelaskan bahwa prinsip Syariah Islam adalah sumber utama dalam perundangan dan akan menjadi undang-undang seterusnya.

Kata beliau lagi, Syariah atau prinsipnya, semuanya tidaklah menakutkan. Syariah tidak akan menakutkan jika seseorang itu memahaminya, dan hendaklah kembali kepada asal dan tujuannya, dan tidak berhenti hanya memahami teks secara literal saja, sebagaimana banyak orang memahaminya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pihak Ikhwanul Muslimin telah mengklaim kemenangan pemilu presiden Mesir atas calon Ahmad Syafiq. Sementara kubu Ahmad Syafiq juga mengklaim kemenangan pihaknya. Menurut rencana, pengumuman resmi akan dilakukan pada Kamis ini.

Redaktur: Shabra Syatila

Copyright © 2011 – 2014