Niat dan Tata Cara Shalat Nisfu Sya’ban

Saturday, 24 December 2016 (11:56 pm) / Ibadah, Syariah

Niat Shalat Nisfu Sya’ban – Jika melihat pengertian dari Nisfu Sya’ban adalah pertengahan hari pada Bulan Sya’ban yang biasanya jatuh pada tanggal 15 di Bulan Sya’ban Jika dilihat pada Kalender Hijriyah atau Kalender Islam. Maka dari itu Shalat Sunnah Nisfu Sya’ban juga bisa digolongkan sebagai shalat sunnah yang bisa dilakukan bagi setiap muslim baik kaum laki-laki atau perempuan saat pertengahan Bulan Sya’ban atau malam hari tanggal 14 di Bulan Sya’ban.

shalat malam nisfu sya'ban

ummi-online.com

Hukum mengerjakan shalat Nisfu Sya’ban ini hukumnya adalah sunnah yang berarti akan mendapatkan pahala shalat sunnah bagi setiap Muslim yang mengerjakannya dan bagi yang meninggalkan tidak akan mendapatkan apa – apa baik dosa dan atau pahala.

Adapun untuk Hukum Sholat Nisfu Sya’ban yang Sunnah ini adalah berdasarkan Hadist Shahih dimana yang diriwatkan oleh Ibnu Majah yang berbunyi,

"Apabila telah datang malam Nisfu Sya’ban maka shalatlah kamu pada malamnya dan kerjakanlah puasa pada siangnya. Maka sesungguhnya Allah akan turun pada malam itu sampai terbenamnya Matahari ke langit dunia. Kemudian Allah SWT berfirman : Tidaklah seseorang yang memohon ampun kepada Ku kecuali akan Ku (Allah) ampuni dia, Tidaklah seorang hamba memohon rizki kepadaKu maka akan Aku berikan rezeki kepadanya, Tidaklah seseorang memohon dihindarkan dari balak kecuali akan Ku berikan kesehatan dan tidaklah permohonan ini dan permintaan itu kecuali Aku (Allah) mengabulkannya hingga terbitnya Fajar (Hadist Riwayat Ibnu Majah) ".

Sedangkan untuk keutamaan Shalat Nisfu Sya’ban sendiri antara lain akan mendapatkan pahala yang banyak serta semakin dengan melakukannya kita akan mendekatkan diri kepada Allah SWT karena tidak akan bisa dipungkiri bahwa bulan Sya’ban adalah bulan yang mulia dan keistimewaan yang ada pada bulan bulan Sya’ban sangat banyak. Seperti yang pernah dijelaskan didalam sabda Rasulullah Muhammad SAW yang berbunyi,

"Bulan Sya’ban adalah bulan yang sering kali dilupakan atau dilalaikan oleh sebagian manusia dan bulan Sya’ban terletak di antara Bulan Rajab dan Bulan Ramadhan. Bulan Syaban sendiri merupakan bulan dimana seluruh amal ibadah seseorang akan dilaporkan kepada Allah SWT. Maka dari itu saya merasa senang jika amal saya dilaporkan saat saya dalam keadaan berpuasa. (HR. An Nasai) ".

CaraShalat Nisfu Sya’ban Di Ajaran Islam

Untuk mengerjakan shalat Nisfu Sya’ban sangatlah mudah karena dilakukan seperti shalat sunnah lainnya. Jumlah rakaat yang biasanya dilakukan untuk mengerjakan shalat malam Nisfu Sya’ban adalah dua raka’at. dan dikerjakan seperti mengerjakan shalat sunnah lainnya. Diawali dengan membaca niat untuk sholat Nisfu Sya’ban dan diakhiri dengan salam pada raka’at Kedua atau raka’at terakhir.

Untuk tanggal berapa kita sholat Nisfu Sya’ban, kalian bisa melakukannya pada pertengahan bulan sya’ban atau pada tanggal 15 Sya’ban pada kalender Hijriyah. Lalu untuk waktu sedangkan untuk waktu dalam mengerjakan Shalat Nisfu Sya’ban bisa kalian lakukan pada malam hari sebelumnya pada tanggal 14 Nifsu Sya’ban setelah melaksanakan shalat Isya’ sampai sebelum waktu Subuh tiba.

Lalu untuk tata cara shalat Nisfu Sya’ban, kalian bisa melakukan dengan

  1. 1.Membaca Niat. Pada saat memulai shalat, bacalah niat untuk shalat sunnah Nifsyu Sya’ban yang dibacakan secara syir atau pelan dan khusyu.
  2. Kemudian lanjutkan dengan Takbiratul Ikhram (Allahu Akbar)
  3. Setelah itu dilanjutkan dengan membaca Surat Al Fatihah dengan dilanjutkan bacaan Surat pendek satu kali pada raka’at pertama, Surat yang dibaca bebas tetapi sebaiknya membaca Surat Al Kafirun pada Raka’at Pertama, setelah selesai membaca surat pendek.
  4. Setelah hal tersebut dilanjutkan dengan gerakan seperti shalat lainnya., Itidal, Gerakan Sholat Sujud Pertama, Gerakan Mengerjakan Shalat Duduk diantara dua sujud, Sujud Kedua dan kembali berdiri untuk mengerjakan Sholat Nisfu Sya’ban pada Raka’at Kedua.
  5. Lalu Cara Mengerjakan Sholat Nisfu Syaban di Raka’at Kedua bisa langsung membaca Surat Al Fatihah.
  6. Kemudian dilanjutkan dengan membaca Surat pendek satu kali di Raka’at Kedua. Surat yang bisa kamu baca adalah bebas tetapi lebih baik membaca surat Al Ikhlas pada raka’at kedua
  7. Lalu dilanjutkan dengan melakukan Gerakan Shalat seperti Ruku, Itidal, Sujud, Gerakan Sholat Duduk diantara dua sujud,
  8. Terakhir adalah lakukan tahiyat akhir pada Raka’at Kedua yg nantinya diakhiri dengan salam.

Bacaan Niat Shalat Nisfu Sya’ban

Adapun untuk niat melakukan shalat sunnah nisfu Sya’ban adalah sebagai berikut. Kamu bisa membacanya pada saat sebelum takbiratul ikhram untuk memulai shalat.

niat shalat nisfu syaban

rukun-islam.com

Bacaan Doa Shalat Sunnah Nisfu Sya’ban

Setelah selesai melaksanakan shalat sunnah ini, kamu bisa membaca doa dimana doa tersebut adalah sebagai berikut :

dokumenpemudatqn.com

Nah, itulah ulasan singkat mengenai shalat nisfu Sya’ban. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kalian dalam beribadah.

 

Redaktur: Abdullah Istiqomah

Sebarkan Pada Sesama