Setelah Menikah, Mau Tinggal Di Mana?

Sabtu, 6 Oktober 2012 (8:10 am) / Keluarga

Setelah menikmati indahnya pernikahan yang banyak dikatakan orang sebagai ‘raja dan ratu sehari,’ Anda harus mulai sibuk dengan kehidupan yang sebenarnya. Yang pertama kali harus mulai dipikirkan adalah “di mana harus tinggal setelah menikah?” Sebenarnya, tempat tinggal setelah menikah itu boleh diputuskan oleh Anda atau pasangan Anda. Untuk membantu Anda, berikut beberapa pilihan dan pertimbangan sebelum memilihnya.

1. Tinggal dengan orang tua/mertua

Bagi pasangan muda, tempat tinggal ini merupakan pilihan awal yang harus Anda pilih. Ketika Anda baru menikah dan belum memiliki ‘nyali’ untuk hidup mandiri, tinggal dengan orang tua atau mertua bisa menjadi pilihan awal. Namun perlu diperhatikan bahwa setelah Anda menikah, akan ada ‘konflik kecil’ yang terjadi apabila Anda tinggal bersama orang tua atau mertua Anda. Jadi, kalau Anda belum memiliki nyali dan modal untuk tinggal mandiri, Anda bisa tinggal bersama orang tua atau mertua. Sebagai gantinya, Anda harus mulai mengumpulkan modal agar bisa segera hidup mandiri.

2. Tinggal dengan pasangan Anda (mandiri)

Ini adalah pilihan paling ideal. Anda tidak akan membahas jenis tempat tinggal apa yang akan Anda tempati dengan pasangan. Anda dan pasangan tidak akan peduli entah itu rumah kontrakan, tempat kos, atau rumah sendiri. Banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan ketika memilih pilihan yang kedua ini. Anda akan belajar bersosialisasi dengan orang baru (tetangga anda), belajar menyelesaikan konflik antara Anda dan pasangan, belajar beres-beres rumah, belajar memasak dan banyak manfaat kecil lainnya.

Namun, untuk menjalani pilihan yang kedua ini ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan seperti “modal” untuk hidup mandiri berupa uang. Kemudian, Anda juga perlu mempersiapkan kemampuan belajar melakukan hal rutin seperti masak dan beres-beres rumah. Sedangkan, keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan adalah Anda bisa mempersiapkan makan malam romantis bersama pasangan dengan biaya yang jauh lebih murah daripada makan malam di restoran.

Tidak ada yang salah dengan tinggal dengan orang tua atau mertua. Namun, tinggal dengan orang tua akan menimbulkan konflik baru selain konflik dengan pasangan karena dalam hidup bersama, konflik adalah satu hal yang tidak dapat dihindari. Kedua tempat tinggal tersebut memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sesuaikan dengan kebutuhan dan pilihan Anda. Jika Anda memilih untuk tinggal dengan orang tua atau mertua, pertimbangan segala konsekuensinya. Begitu juga jika Anda memutuskan untuk hidup mandiri dengan pasangan Anda.

Redaktur: Farid Zakaria

Copyright © 2011 – 2014 Designed & Developed by Ibrahim Vatih