Peran Kita untuk Saudara Sesama Muslim yang Tertindas

Gambar: sevensisterspost.com

Bismillahirrahmaanirrahiim …

Alhamdulillah, telah kita jalani minggu kedua Ramadhan 1433 Hijiriah kali ini. Kita yang berpuasa di Korea InsyaAllah kita dapat menjalaninya tanpa hambatan berarti. Setidaknya, ketika kita bandingkan kondisi kita di Korea dengan saudara-saudara kita yang terdzalimi, tertindas di Suriah, Kashmir, Myanmar, Palestina dan di negeri manapun yang bisa jadi tak terliput oleh media.

  • Plus 4.000 artikel Islami, 6.000 kitab, serta nasyid walimah & jihad.
    digitalhuda.com/?f1
  • Jual Jaket Motor Respiro Anti Angin dan Anti Air Cocok dipakai Harian maupun Touring
    www.JaketRespiro.com
  • Peluang Usaha Sambil Ibadah, Perwakilan Biro Umrah-Haji Plus dan Raih Reward Ratusan Juta Rupiah.
    www.rumahhajidanumrah.com
  • Sedia Baju Hamil, Baju Menyusui, Celana Hamil, Bra Menyusui, Nursing Pillow, Nursing Apron, dll.
    www.hamil-menyusui.com
  • Pusat Belanja Buku Islam Online Lengkap Dan Murni.
    tokopedia.com/tokobukumuslim
  • Film Rasulullah Muhammad SAW, Umar bin Khattab, Nabi Yusuf, Konspirasi Dajjal Akhir Zaman.
    rubystore.wordpress.com/

Lantas bagaimana akhlak kita sebagai sesama muslim untuk saudara-saudara kita dalam kondisi terdzalimi?

Berpegang teguhlah kepada agama Allah dan tetaplah bersatu. Janganlah berbuat sesuatu yang mengarah kepada perpecahan. Renungkanlah karunia Allah yang diturunkan kepada kalian pada masa jahiliah, ketika kalian masih saling bermusuhan. Saat itu Allah menyatukan hati kalian melalui Islam, sehingga kalian menjadi saling mencintai. Saat itu kalian berada di jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kalian dengan Islam. Dengan penjelasan yang baik seperti itulah, Allah selalu menerangkan berbagai jalan kebaikan untuk kalian tempuh. (QS 3:103)

Dan,

Orang-orang Mukmin, laki-laki dan perempuan, saling mencintai dan menolong satu sama lain. Dengan dasar keimanan, mereka menyuruh untuk melakukan apa yang diperintahkan oleh agama mereka yang benar, melarang apa yang dilarang oleh agama, mengerjakan salat pada waktunya, membayar zakat untuk orang yang berhak menerima pada waktunya, mematuhi perintah Allah dan Rasul-Nya, dan menjauhi larangan Allah dan Rasul-Nya. Merekalah yang akan selalu berada dalam rahmat Allah. Allah sungguh Mahakuasa untuk mengayomi mereka dengan kasih sayang-Nya, dan Mahabijaksana dalam pemberian-Nya. (QS 9:71)

Perintah di atas mengajarkan kita bahwa setiap saat dan terlebih saat krisis, adalah tugas seorang muslim untuk saling membantu dan mendukung satu sama lain. Rasulullah saw mengajarkan ummat Islam untuk bersatu seolah-olah kita satu tubuh: jika satu bagian dalam tubuh kita merasakan sakit, bagian lainnya juga merasakn sakit. Ketika ada semangat untuk saling menolong, akan timbul persatuan, rasa aman dan kuat. Persatuan ini merupakan karunia saat masa-masa awal Islam berdiri saat menghadapi berbagai ancaman, sehingga dengan adanya persatuan ini, kaum muslim bisa menghadapi para musuh dengan yakin bisa mengakhiri ketidakadilan dan penindasan atas ummat.

Kondisi sulit yang saat ini dihadapi oleh Ummat Islam dunia merupakan akibat dari kurangnya perhatian kita atas petunjuk yang telah diberikan oleh Al Quran dan Sunnah. Sebagai akibatnya, sebagian muslim kurang  peduli jika umat islam di belahan bumi lainnya tertindas.

“Bagaimana kalian sampai hati untuk tidak berperang di jalan Allah, sedangkan orang tua laki-laki, wanita dan anak-anak yang lemah selalu memohon pertolongan kepada Allah seraya berkata, “Wahai Tuhan kami, keluarkanlah kami dari kekuasaan orang-orang yang zalim. Tempatkanlah kami berada di dalam kekuasaan orang-orang yang beriman dengan kekuasaan dan rahmat-Mu. Berikanlah kami penolong dari sisi-Mu yang akan menolong kami.” (QS 4:75)

Ayat di atas merupakan perintah langsung dari Allah AWT untuk membantu pembebasan umat islam yang tertindas oleh tirani.

Adapun dalam kondisi saat ini, ada beberapa hal yang mungkin bisa kita lakukan:

  1. Menggunakan peran politik untuk membantu saudara-saudara kita yang tertindas, misalnya mendorong pemerintah untuk ikut aktif memberikan diplomasi politik. Salah satu bentuk protes atas penindasan adalah pengusiran diplomat, seperti yang dilakukan oleh Inggris, Perancis, Australia, Kanada, Jerman, Italia dan Spanyol sebagai reaksi atas Pembantaian Houla di Syria.
  2. Penggalangan dana untuk membatu saudara-saudara kita yang sedang dalam kesulitan. Di Indonesia, ada beberapa badan untuk menjembatani donasi ini. Untuk Rohingya misalnya, ada program dari Aksi Cepat Tanggap. Untuk Palestina, ada program donasi Palestina melalui  Sahabat Al-Aqsha. Saudara-saudara kita di Saudi, dalam 3 hari, mereka bisa mengumpulkan Rp 343 Miliar untuk krisis Suriah. Saat  di bulan Ramadhan, berbuat kebaikan termasuk sedekah sangatlah utama.
  3. Menggunakan media untuk menambah awareness dunia atas penindasan yang terjadi, baik dalam bentuk pembantaian, perusakan tempat tinggal warga sipil, dan perampasan hak-hak dasar.
  4. Membantu dengan doa kepada Allah SWT, dan paling tidak, inilah sekecil-kecilnya bantuan yang bisa yang bisa kita lakukan.

Wallahu a’lam.

 

Oleh: IMUSKA, Korea Selatan

Write For Us

Artikel yang sedang Anda baca saat ini merupakan salah satu kontribusi karya tulis yang dikirimkan ke redaksi Fimadani. Ingin berpartisipasi? Ikuti petunjuknya di sini.

 

Sebarkan pada dunia: KLIK DI SINI

 

BERI TANGGAPAN

 
 
 

Copyright © 2011 - 2014 Madani Cyber Media | Bersatu Dalam Bingkai Madani