Penambahan 1 Detik Kabisat, Berbagai Situs Terkapar

Selasa, 3 Juli 2012 (4:48 pm) / Teknologi

Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa 30 Juni pukul 23:59 kemarin warga dunia menikmati waktu satu detik lebih lama dari biasanya. Keputusan untuk menyisipkan “bonus” satu detik yang dinamakan detik kabisat (leap second) ini dilakukan untuk menyelaraskan waktu universal terkoordinasi (UTC) dengan rotasi Bumi.

Detik kabisat dilakukan karena rotasi Bumi kerap mengalami fluktuasi, sehingga jam atom yang merupakan penunjuk waktu terakurat di muka Bumi pun perlu “disetel ulang”.

Namun ternyata penambahan satu detik ini sudah cukup membuat berbagai situs “terkapar” alias mengalami down time. Dikutip dari PC Mag, Senin, 2 Juli 2012, situs populer seperti Reddit, LinkedIn, Mozilla, Pirate Bay, Yelp, dan berbagai situs lain ikut terkena imbasnya.

“Apa kalian pernah berharap mendapat tambahan satu atau dua detik ekstra? Harapan itu bukan untuk saat ini,” ujar juru bicara Reddit dalam akun Twitter-nya. Reddit kemudian menjelaskan bahwa pihaknya menghadapi masalah pada Java/Cassandra terkait dengan pemberlakuan detik kabisat.

Gangguan ini dialami oleh situs dengan server Linux yang menjalankan aplikasi Java dan memiliki rujukan waktu pada Network Time Protocol (NTP), dan terjadi saat detik menunjuk pada hitungan ke-61. NTP sendiri berbasis pada UTC yang dihitung menggunakan jam atom. Pada jam atom, detik tersebut dihitung dengan menampilkan hitungan ke-59 sebanyak dua kali.

Google, termasuk satu di antara situs yang selamat dari kisruh detik kabisat ini. Raksasa digital ini diketahui sudah lama mempersiapkan datangnya detik kabisat.

“Kami memodifikasi server NTP internal kami dengan menambah beberapa milisekon secara bertahap pada setiap update,” ujar Google Engineer, Christopher Pascoe, dalam blog Google. Karena itu pada saat tahun kabisat terjadi jam di Google telah lebih dulu menyesuaikan dengan penambahan detik tersebut.

Konsep detik kabisat pertama kali diperkenalkan pada 1972, dan sejak saat itu telah terjadi 25 kali detik kabisat. Detik kabisat dapat terjadi di antara dua hari, yaitu 30 Juni dan 31 Desember. Sebelum tahun ini, detik kabisat terakhir terjadi pada 31 Desember 2008.

Redaktur: Shabra Syatila

Copyright © 2011 – 2014