Pentingnya Untuk Selalu Mengingat Kematian “Pemutus Kelezatan”

Thursday, 16 February 2017 (7:38 am) / Hikmah

Mengingat Mati – Kematian merupakan sebuah misteri yang tidak ada satupun orang mengetahuinya. Entah itu di usia muda ataupun di usia tua, kita pun tidak bisa merasakan dekatnya kematian yang selalu terus bersama kita.

Kita mungkin melihat saudara kita dalam keadaan sehat walafiat, usianya pun masih muda. Namun hari ini ternyata Allah swt memanggilnya. Kita semua pun tahun, kita tidak akan pernah tau kapan kematian menjemput kita. Entah itu hari ini, besok, lusa atau entah kapan.

Namun kematian sudah cukup untuk mengingatkan kita dari kelalaian yang sering kita lakukan. Bahwa kita pun pada akhirnya akan mati. Dunia ini hanyalah sebagai lahan untuk kita menanam benih sebanyak-banyaknya dan tentunya yang kita tanam haruslah kebaikan bukan keburukan.

Sungguh kematian orang-orang di sekitar kita banyak mengingatkan kita. Oleh karena itu, kita diperingatkan untuk selalu banyak mengingat kematian. Dan faedanya sangatlah banyak, kami akan menuliskan beberapa diantaranya, yakni :

Mengingat Mati

rumaysho.com

Faedah Mengingat Kematian

Berikut ini faedah-faedah ketika kita selalu mengingat kematian :

  • Mendorong sikap untuk selalu toleransi, memaafkan kesalahan orang lain dan menerima kesalahan dan kelemahan yang dimiliki oleh orang lain.
  • Mengajak diri kita untuk selalu rendah hati, tidak sombing dan tidak belaku zalim.
  • Melembutkan hati kita, membuat mata menangis, memberikan semangat untuk selalu mendalami ilmu agama dan menghapuskan keinginan hawa nafsu yang kita miliki.
  • Mencegah keraksuan dan keserakahan terhadap nikmat duniawi.
  • Meringankan seorang hamba dalam menghadapi ujian yang diberikan oleh Allah swt.
  • Menjauhkan diri kita terhadap cinta dunia dan selalu merasa cukup atas nikmat yang diberikan oleh Allah swt.
  • Meninggalkan angan-angan untuk berlama-lama tinggal di dunia yang fana ini, karena mempunyai keinginan untuk berlama-lama di dunia merupakan salah satu sebab yang paling besar yang menyebabkan lalainya seorang hamba untuk beribadah kepada Allah swt.
  • Mendorong diri kita untuk selalu menjaga diri dari dosa dan maksiat serta selalu berupaya mengumpulkan bekal untuk akhirat.
  • Mengingat kematian merupakan termasuk ibadah sendiri. Dengan kita selalu mengingat kematian, maka kita akan mendapatkan ganjaran karena inilah yang diperintahkan oleh suri tauladn kita, Nabi Muhammad saw.
  • Mengingat kematian dapat membantu kita khusyuk di dalam sholat kita.
  • Mengingat kematian dapat menjadi seseorang semakin mempersiapkan diri untuk bertemu dengan Allah swt. Karena barangsiapa yang mengetahui bahwa ia akan menjadi mayit kelak, ia pasti akan berjumpa dengan Allah swt. Jika kita tau bahwa ia akan berjumpa dengan Allah swt, tentunya ia akan ditanya tentang amalannya selama ia di dunia, maka ia pasti akan mempersiapkan jawabannya.
  • Mengingat kematian akan selalu membaut seseorang untuk selalu memperbaiki dirinya.
  • Mengingat kematian membuat kita tidak berlaku zalim.

Cara Mengingat Kematian

Pertama kita selalu berusaha untuk mengingat kematian yang menimpa orang lain, entah itu keluarga kita, tetangga kita, teman kita, atau siapa saja di antara manusia yang telah mendahului kita. Misalnya, saat kita berjalan kemudian kita berpapasan dengan rombongan yang sedang memanggul keranda jenazah, maka di saat itulah kita berusaha untuk mengingat kematian.

Atau pada saat tetangga di dekat rumah kita ada yang meninggal, maka kita juga harus berusaha untuk mengingat kematian. Hal demikian jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, akan membuat kita terhindar dari pembicaraan dan aktifitas yang tidak berguna dikala bertakziah kepada keluarga yang di tinggal mati.

Redaktur: Abdullah Istiqomah

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2017 Designed & Developed by Ibrahim Vatih