Menghitung Usia Kehamilan

Mungkin kebanyakan orang mengatakan bahwa lamanya waktu kehamilan adalah 9 bulan. Tapi dalam ilmu kebidanan, waktu yang pas untuk si ibu melahirkan adalah 40 minggu, atau kurang lebih 10 bulan. Lalu bagaimana cara kita mengetahui waktu tafsiran persalinan kita? Berikut cara perhitungan ala bidan.

Tanda seorang hamil tentu saja berhenti haid. Kita harus mengingat kapan terakhir kita mendapat haid, untuk menjadi patokan awal untuk menghitung tanggal persalinan. Pertama, kita harus mencari tanggal HPHT. HPHT atau Hari Pertama Haid Terakhir adalah hari pertama disaat kita mendapat haid yang terakhir. Bingung? Misalnya, kita sudah telat haid 2 bulan, testpack positif hamil. Haid terakhir yaitu pada bulan Juni, hari pertama haidnya adalah tanggal 12 Juni. Maka tanggal 12 juni inilah yang menjadi HPHT atau Hari Pertama pada Haid Terakhir-nya.

  • Plus 4.000 artikel Islami, 6.000 kitab, serta nasyid walimah & jihad.
    digitalhuda.com/?f1
  • Jual Jaket Motor Respiro Anti Angin dan Anti Air Cocok dipakai Harian maupun Touring
    www.JaketRespiro.com
  • Peluang Usaha Sambil Ibadah, Perwakilan Biro Umrah-Haji Plus dan Raih Reward Ratusan Juta Rupiah.
    www.rumahhajidanumrah.com
  • Sedia Baju Hamil, Baju Menyusui, Celana Hamil, Bra Menyusui, Nursing Pillow, Nursing Apron, dll.
    www.hamil-menyusui.com
  • Pusat Belanja Buku Islam Online Lengkap Dan Murni.
    tokopedia.com/tokobukumuslim
  • Film Rasulullah Muhammad SAW, Umar bin Khattab, Nabi Yusuf, Konspirasi Dajjal Akhir Zaman.
    rubystore.wordpress.com/

Setelah ketemu HPHT, selanjutnya kita menghitung tanggal persalinan dengan menggunakan rumus. Rumusnya yaitu, tanggal di tambah 7, bulan dikurang 3, tahun disesuaikan.

HPHT  12 JUNI 2011

12 – 06 – 2011

+7     -3                 

19     03    2012

Sehingga waktu kelahiran bayi Anda di perkirakan tanggal 19 maret 2012. Biasanya memang tanggal tafsiran ini seringkali meleset, tapi tidak jauh, hanya berkisar ±2 minggu.

Perhitungan pun disesuaikan dengan tanggal pada bulan tersebut, jika penambahan tanggal melampaui batas, misalnya hasilnya jadi 35 agustus, karena agustus cuma 31 hari, berarti kita memberikan sisa tanggal tersebut pada bulan berikutnya, jadi  4 september. Begitu pula dengan bulannya, jika pengurangannya malah jadi 0 ini berarti bulan desember, jika -1 berarti bulan November, jika -2 berarti bulan Oktober.

Jika kita sudah mengetahui tanggal perkiraan persalinan, maka pastinya kita bisa mempersiapkan semuanya dengan lebih matang.

Oleh: Hesty Arnize

Saat ini masih berstatus mahasiswi semester akhir di Politeknik Kesehatan Jakarta III, jurusan Kebidanan Rs. Harapan Kita. Punya ketertarikkan dengan dunia web design, design grafis dan dunia gambar menggambar. Mempunyai cita-cita untuk membuat sebuah rumah bersalin sekaligus merangkap percetakkan design grafis.

 

Sebarkan pada dunia: KLIK DI SINI

 

BERI TANGGAPAN

 
 
 

Copyright © 2011 - 2014 Madani Cyber Media | Bersatu Dalam Bingkai Madani