Mengapa Harus Punya Lebih Dari Satu Sumber Penghasilan?

Kamis, 19 April 2012 (8:10 am) / Ekonomi & Bisnis, Finance

Banyak orang yang mengeluhkan terbatasnya penghasilan. Mereka bilang penghasilannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Memang penghasilan cukup atau tidak sangat relatif. Coba saja tanya mereka yang gajinya 10 juta, sebagian besar dari mereka akan menjawab penghasilan mereka masih kurang. Apalagi jika kita bertanya pada mereka yang gajinya ngepas UMR.

Untuk itu, kita disarankan untuk punya lebih dari satu sumber penghasilan. Mengapa? ada beberapa alasan yaitu:

  1. Melepaskan Ketergantungan. Namanya ketergantungan dalam hal apapun kurang baik apalagi menggantungkan penghasilan hanya dari satu sumber saja. Contoh nyata adalah karyawan yang kena PHK. Keluarganya akan sengasara karena selama ini sangat tergantung dari gajinya sebagai karyawan. Kalo ada sumber penghasilan lain, bisa jadi alternatif ketika penghasilan utama tidak bisa diandalkan lagi.
  2. Tambahan Penghasilan. Punya lebih dari satu sumber penghasilan diharapkan memberikan tambahan pendapatan yang signifikan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Apalagi jika sumber penghasilan utamanya pas-pasan atau bahkan kurang.
  3. Masa Depan. Kita tidak mungkin selamanya bekerja di satu perusahaan atau instansi. Normalnya kita kan pensiun di usia sekitar 55 tahun. Pada usia itu kebutuhan hidup masih tinggi apalagi kalo anak2 kita masih perlu dibiayai. Sumber penghasilan alternatif bisa jadi andalan.
  4. Warisan. Kita tidak mau meninggal dunia tanpa mewariskan apapun untuk anak cucu. Warisan tidak selalu berarti harta benda. Bisa juga berupa usaha/bisnis yang bisa diteruskan. Diharapkan anak cucu kita tidak sengsara hidupnya dan tidak memulai usaha dari nol lagi. Mereka cukup meneruskan usaha yang sudah dirintis sebelumnya.

Manfaatkan setiap kesempatan yang kita miliki untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat!

Oleh: Akhmad Farhan, Tangerang
Facebook - Twitter - Blog

Redaktur: Farid Zakaria

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2014 Designed & Developed by Ibrahim Vatih