Makanan Yang Bisa Merusak Kulit

Minggu, 31 Maret 2013 (12:20 pm) / Kesehatan

Dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, maka kulit mendapatkan perawatan maksimal. Selain itu, makanan juga dapat membantu mengatasi beberapa problem kulit seperti kulit berjerawat, kulit kering, kulit kusam, dan lain sebagainya.

Pun demikian, ternyata Anda tetap harus berhati-hati dalam memilih makanan. Tak semua makanan ternyata baik efeknya untuk kulit. Ada beberapa makanan yang justru menimbulkan problem pada kulit.

Seperti dilansir boldsky, berikut adalah makanan yang menurut para ahli dapat merusak kulit.

Cangkang Udang

Cangkang udang kaya akan yodium yang ternyata tidak baik efeknya pada kulit. Yodium sendiri sebenarnya memang punya manfaat tersendiri, tetapi ia juga dapat menyebabkan kulit dehidrasi serta muncul jerawat.

Untuk itu saat mengonsumsi udang, lebih baik buang cangkangnya terlebih dahulu.

Roti Putih

Roti putih, yang biasa Anda makan tinggi akan kandungan glikemiknya. Di mana kandungan GI tersebut akan meningkatkan kandungan gula di dalam darah yang akan memancing jerawat tumbuh di kulit wajah maupun kulit tubuh.

Aneka Makanan Yang Digoreng

Apapun makanannya, apabila diolah dengan cara digoreng sebaiknya tidak disarankan bagi Anda yang memiliki problem jerawat. Kandungan minyak yang dibawa oleh gorengan ini dapat menutup pori dan membuat kulit membawa minyak berlebihan. Apabila pori tertutup minyak, maka bakteri penyebab jerawat akan tumbuh subur di sana.

Kafein

Mungkin di sisi lain kafein dapat memberikan manfaat yang begitu baik. Tetapi kafein justru membuat kulit Anda dehidrasi. Di saat dehidrasi inilah kulit mempercepat proses penuaan, sehingga timbul keriput dan garis-garis pada wajah.

Agar kulit lebih bersinar dan lembab, lebih baik konsumsi buah-buahan atau sayuran yang kaya kandungan airnya.

Aneka Produk Susu Sapi

Bertanya-tanya mengapa susu sapi ini tidak disarankan dikonsumsi orang yang berjerawat? Banyak sapi perah yang diberi suntikan hormon tertentu untuk menghasilkan susu lebih banyak sepanjang tahun. Hormon ini tentu saja akan ikut terbawa dalam kandungan susu. Dan celakanya, hormon tersebut dapat menyebabkan jerawat meningkat jumlahnya.

Garam

Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat membuat area di sekitar mata Anda jadi membengkak. Hal ini disebabkan karena tubuh mengalami dehidrasi sehingga formasi kulit di bagian mata berubah dan seperti bengkak.

Gula

Tentu saja gula sendiri juga tidak disarankan dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Gula dapat menyebabkan tubuh kurang memproduksi kolagen, sehingga penuaan dini menjadi ancaman yang cukup perlu dipertimbangkan.

Redaktur: Farid Zakaria

Copyright © 2011 – 2014