Kiat Membangun Pendidikan Keimanan Untuk Anggota Keluarga
Tuesday, 11 August 2015 (9:32 am) / Dakwah, Keluarga

Keluarga adalah orang-orang yang terdekat dengan kita. Dekat di sini bukanlah dekat karena jarak, melainkan orang-orang yang sudah menjadi bagian dalam hidup kita. Maka, alangkah baiknya kalau kita turut membantu mengarahkan anggota keluarga kita untuk senantiasa berada di jalan yang baik dan benar, khususnya kepada para istri dan anak kita.

Oleh sebab itu, membangun pendidikan keimanan untuk anggota keluarga itu sangatlah penting dan merupakan salah satu cara yang paling pas untuk mengarahkan anggota keluarga untuk senantiasa dekat kepada Allah Azza wa Jalla.

Dari beberapa kutipan hadits di bawah ini, turut mempertegas akan betapa pentingnya membangun pendidikan keimanan untuk anggota keluarga seperti yang telah dicontohkan oleh suri tauladan kita nabi besar Muhammad SAW.

Dari Aisyah RA, beliau berkata, “Suatu ketika Rasulullah SAW mengerjakan shalat malam, ketika akan witir beliau mengatakan, ‘Bangunlah, dan dirikanlah shalat witir wahai Aisyah!’” (HR. Muslim, Shahih Muslim bi Syarh an-Nawawi, 6/23).

“Allah mengasihi laki-laki yang bangun malam kemudian shalat, lalu membangunkan istrinya sehingga shalat, jika tidak mau, ia memerciki wajahnya dengan air,” (HR. Ahmad dan Abu Dawud; Shahih al-Jami’, no. 3488).

Selain itu, membiasakan atau menganjurkan para istri dan anak untuk bersedekah juga merupakan suatu amalan yang bisa menambah rasa keimanan. Karena, sedekah merupakan salah satu perkara agung yang dianjurkan oleh Rasulullah dengan sabdanya: “Wahai segenap wanita, bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya aku melihat bahwa kalian adalah mayoritas penduduk neraka,” (HR. Al-Bukhari, al-Fath, 1/405).

Masih banyak hal lagi yang bisa dilakukan guna untuk membangun pendidikan keimanan keluarga. Intinya, jadilah panutan yang baik untuk anggota keluarga dengan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. InsyaAllah atas izin dari-Nya, anggota keluarga kita yang lain juga akan terdorong untuk mengikuti.

Redaktur: Moh Marzuqi

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2017 Designed & Developed by Ibrahim Vatih