Keutamaan Tak Terhingga Membaca Shalawat Kepada Nabi

Wednesday, 14 December 2016 (4:03 pm) / Doa dan Dzikir, Hadits, Hikmah, Ibadah, Tazkiyatun Nafs

Keutamaan Shalawat banyak sekali hingga tak terhitung jumlahnya. Allah berfirman:

إن الله وملائكته يصلون على النبي ياءيها الذين أمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما

“Sesungguhnya Allah dan Malaikatnya bersholawat kepada Nabi, Hai orang-orang yang beriman bersholawatlah kalian kepada Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”(QS. Al Ahzab:56)

Jika Allah dan para malaikat saja membaca shalawat untuk Nabi, masak kita yang manusia tidak. Sejatinya Nabi tidak butuh terhadap shalawat kita, justru kita lah yang butuh untuk bershalawat kepada Nabi. Sebab dengan bershalawat kepada Nabi bisa menyebabkan turunnya rahmat Allah, dengan bershalawat pada Nabi bisa menyebabkan kita mendapat syafaatnya di hari kiamat kelak, dll.

Berikut Adalah Keutamaan Shalawat Nabi

Rasulullah bersabda dalam hadis yang diriwayatkan Imam Thabrani:

(من صلى علي حين يصبح وحين يمسي عشرا أدركته شفاعتي يوم القيامة (الطبراني من حديث أبي الدرداء

“Barang siapa bershalawat kepadaku di waktu pagi dan sore 10 kali, maka di hari kiamat dia akan mendapatkan syafaa’tku.”

Dalam hadis yang lain Imam Thabrani juga meriwayatkan:

من صلى علي واحدة صلى الله عليه غشرا ومن صلى علي عشرا صلى الله عليه مائة ومن صلى علي مائة كتب الله له بين عينه براءة من النقاق وبراءة من النار وأسكنه يوم القيامة مع الشهداء

“Barang siapa bershalawat kepadaku 1 kali, maka Allah akan membalas shalawatnya sebanyak 10 kali. Barang siapa bershalawat kepadaku 10 kali, maka Allah akan membalas shalawatnya sebanyak 100 kali. Barang siapa bershalawat kepadaku 100 kali, maka Allah akan menghapus pandangannya dari sifat kemunafikan dan membebaskannya dari neraka serta di hari kiamat akan ditempatkan bersama para syuhada.”

Dan masih dalam hadis yang diriwayatkan Imam Thabrani:

من ذكرت عنده فخطيئ الصلاة علي خطيئ طريق الجنة

“Barang siapa yang melupakanku sedang aku (namaku) disebut disampingnya dengan tidak membaca shalawat kepadaku maka ia akan lupa jalannya menuju surga.”

Shalawat juga bisa mengabulkan hajat seseorang dan menghapus dosa. Dalam kitab Minhatullatif disebutkan bahwa Rasulullah bersabda:

من صلى علي مائة مرة قضى الله مائة حاجة ثلاثين في الدنيا وسائرها في الأخرة ومن صلى علي كل يوم خمسمائة لم يفتقر أبدا وهدمت ذنوبه ومحيت خطاياه

“Barang siapa membaca shalawat kepadaku 100 kali, maka Allah akan mengabulkan 100 hajatnya. Yaitu 30 hajat dikabulkan di dunia dan sisanya di akhirat. Dan barang siapa membaca shalawat kepadaku setiap hari 500 kali, maka tidak akan fakir selamanya, diruntuhkan dosa-dosanya dan dan dihapus kesalahan-kesalahannya.”

Dalam hadis yang lain:

ما منكم من أحدٍ سلّم علي إذا متُّ إلا جاءني جبريل فقال جبريل يا محمد هذا فلان ابن فلان يُقرئك السلام، فأقول وعليه السلام ورحمة الله وبركاته.

(رواه أبو داود)

“Tidaklah salah seorang di antara kalian yang mengucapkan salam kepadaku sesudah aku mati melainkan malaikat Jibril datang kepadaku dan berkata: wahai Muhammad, Si Fulan bin Fulan telah mengucapkan salam untukmu, maka aku menjawab: “dan atasnya salam dan rahmat serta berkah dari Allah”. (HR. Abu Daud)

Dalam hadis yang lain:

(من صلى عليّ من أمتي مخلصاًَ من قَلبِه صلاةً واحدةً صلّى اللهُ عليه عشر صلواتٍ ورفع عشر درجاتٍ ومحا عنه عشر سيئاتٍ. (رواه النسائ

“barangsiapa di antara umatku membacakan shalawat atasku satu kali dengan ikhlas dari lubuk hatinya, maka Allah menurunkan sepuluh rahmat kepadanya, mengangkat sepuluh derajat kepadanya, dan menghapus sepuluh kesalahannya”. (HR. Nasai)

Begitu banyaknya keutamaan bershalawat atas Nabi sehingga tidak cukup jika semua dituliskan disini. Keterangan diatas hanyalah sebagiannya saja. Dengan begitu, sudah selayaknya semangat dan ghirah kita bangkit untuk membaca shalawat kepada nabi, yang terpenting adalah agar kita diakui dan mendapat syafaatnya besok di hari kiamat kelak.

Bacaan Shalawat Nabi

Bacaan shalawat yang paling pendek adalah أللهم صل على سيدنا محمد dan yang paling baik adalah yang menyertakan juga keluarga Nabi yaitu أللهم صل على سيدنا محمد وعلى أل سيدنا محمد. Demikianlah yang dapat kami sampaikan tentang keutamaan bershalawat kepada Nabi. Dan semoga kita digolongkan kedalam orang-orang yang cinta bershalawat dan mencintai Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Aamin

Redaktur: Abdullah Istiqomah

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2017 Designed & Developed by Ibrahim Vatih