Fadhilah & Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi

Saturday, 24 December 2016 (10:59 am) / Dakwah

Surah Alkahfi atau dalam bahasa arab yaitu al kahf yang berarti “gua” yang juga di sebut dengan ashabul kahf merupakan surah yang ke-18 di dalam Alquran. Surah ini diberinama Al-kahfi dan Ashabul kafh karena mempunyai arti penghuni-penghuni gua.

Pengertian Surah Al-kahfi

Surah Al-kahfi ini merupakan golongan dari surah-surah makkiyah, karena surah ini termasuk dari salah satu surah yang diturunkan di kota mekkah. Dalam surah Al-kahfi mempunyai banyak keutamaan-keutamaan yang sangat agung bila di bandingkan dengan beberapa surah yang lain.

Namun, tidak semua orang yang mengetahui tentang keutamaan dari surah AL-kahfi yang begitu agung ini. Sehingga sebagian dari mereka jarang mengamalkannya atau bahkan tidak pernah membacanya apalagi menghafalnya.

Nah, mungkin sebagian dari kalian ingin mengamalkannya hanya saja tidak tahu kapan waktu membacanya yang paling baik. Namun jika kalain sudah mengetahui kapan terbaik untuk mengamalkannya, maka tidak ada alasan bagi kalian untuk tidak mengamalkannya. Kecuali jika kalian menyia-nyiakan keutamaan dari surah Al-Kahfi.

Waktu Terbaik Mengamalkan Surah Al-kahfi

Menurut Dr. Muhammad Bakar Isma’il dalam Al-fiqh al Wadhih min al Kitabwa al sunnah mengutarakan, bahwa diantara amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jum’at adalah membaca surat Al-Kahfi. (Al-Fiqhul Wadhih minal Kitab was Sunnah).

Kenapa kok pada malam dan hari jum’at? kok nggak hari sabtu apa minggu, Karena malam dan hari jum’at dalam islam merupakan hari yang istimewah. Yang dimana hari itu merupakan hari dimana nabi Adam as diciptakan dan dan diwafatkan.

Dan kemudian Baginda Nabi Muhammad SAW juga pernah Bersabda :

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ

Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling afdhal adalah hari Jum’at. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. . . . " (HR. Abu Dawud, an Nasai, Ibnu Majah, Ahmad, dan al Hakim dari hadits Aus bin Aus)

Oleh karena itu di hari jumat yang merupakan hari paling afdhal terdapat amalan-amalan yang dianjurkan untuk di kerjakan pada hari itu. Salah saju amalan yang dianjurkan pada hari jumat adalah membaca surah Al-kahf.

Keutamaan Membaca Surah Al-kafi pada Hari Jum’at

Nah, agar kita semangat untuk mengamalkannya marilah kita bahas tentang keutamaan dari Surah Al-kahfi tersebut. Diantaranya yaitu:

1. Terhindar dari Fitnah Dajjal

manusia yang membaca Al-Kahfi pada Hari Jumat akan terhindar dari fitnah Dajjal. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa dengan rajin membaca surat ini pada hari jumat maka akan terhindar dari fitnah tersebut.

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih dalam tafsirnya dengan isnad yang tidak apa-apa. Dari kitab at-Targhib wa al- Tarhib: 1/298)

Mendapatkan Ampunan Dosa diantara Dua Jum’at

Sessuai riwayat dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ أَضَآءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum’at." (HR. Al-Hakim: 2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249. Ibnul Hajar mengomentari hadits ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadits hasan." Beliau menyatakan bahwa hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470)

Mendapatkan Cahaya Diantara Dua Juma’at

Ganjaran yang disiapkan bagi orang yang membaca surat Al-Kahfi padacmalam atau hari Jum’at, maka diberikan cahaya (disinari). Dan cahaya ini diberikan ketika nanti di hari kiamat, yang memanjang dari bawah kedua telapak kakinya sampai ke langit. Dan hal ini menunjukkan panjangnya jarak cahaya yang diberikan kepadanya, sebagaimana firman Allah Ta’ala:

يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ يَسْعَى نُورُهُمْ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ

“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka." (Qs. Al-Hadid: 12)

Dari Abu Sa’id al-Khudri radliyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq." (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

Nah itulah keutamaan surah Al-kahfi yang bisa kita amalkan pada hari jumat, semoga dengan mengetahui keutamaan surah al-kahfi kita bisa menjdai semangat lagi untuk mengamalkan.

 

Redaktur: Abdullah Istiqomah

Sebarkan Pada Sesama

privacy policy