Kalah di Jakarta, PKS Malah Menangi Pemilukada di 4 Daerah Lain

Jumat, 13 Juli 2012 (3:41 pm) / Uncategorized

Meskipun pasangan Cagub dan Cawagub PKS di Pemilukada Jakarta mengalami kekalahan, berdasarkan penghitungan sementara dan quick count berbagai lembaga survei, namun ternyata di 4 daerah lain pasangan kepala daerah yang didukung PKS malah memenangi Pemilukada.

Payakumbuh

Pemilukada Kota Payakumbuh Sumatera Barat yang berlangsung hari Kamis (12/7) dimenangkan oleh pasangan Riza Falepi – Suwandel Muchtar yang diusung koalisi PKS dan PDIP. Perolehannya mencapai 36 persen, terpaut jauh dari pesaingnya pasangan Almaisyar-Dedrizal yang meraih 22 persen suara. Total suara yang sudah dihitung lebih dari 50%.

Sementara pasangan incumbent Syamsul Bahri – Weri Yunaldi meraih 13 persen suara. Pasangan Desra-Fitma Indrayani meraih 10 persen suara. Pasangan Zainul Jusri-Supardi memperoleh 6 persen suara, pasangan Mulyadi Afmar-Edward DF meraih 5 persen dan pasangan Nusyirwan Nazar-Chandra Setipon meraih 5 persen suara.

Pilkada sendiri diikuti tujuh pasangan calon:

(1) Desra – Fitma Indrayani (Independen)
(2) Mulyadi Afmar – Edward DF (Independen)
(3) Almaisyar – Dedrizal (Golkar-PPP)
(4) Syamsul Bahri – Weri Yunaldi (PD)
(5) Riza Falepi – Suwandel Muchtar (PKS-PDIP)
(6) Zainul Jusri – Supardi (PBB-Parpol non parlemen)
(7) Nusyirwan Nazar – Chandra Setipon (PAN?)

Ketua KPU Payakumbuh Hendra Yani mengatakan ada 83.837 warga Payakumbuh yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) tersebar di 202 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada.

Kendari

Sementara itu di Kendari, Ketua KPU Kota Kendari-Sulawesi Tenggara, Syam Abdul Djalil, SE. dalam rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih walikota dan wakil walikota Kendari tahun 2012 (Selasa 10/7/12), menyatakan, memutuskan pasangan Asrun – Musaddar sebagai pemenang dalam Pilwali Kendari dengan perolehan suara sebesar 81.968 atau sekitar 56.5 %, berdasarkan surat nomor 54/KPTS/KPU-KOTA/027-048/433/VII/2012.

Asrun adalah Ketua DPD PAN Kota Kendari sedangkan Musadar Mappasomba merupakan kader PKS Kota Kendari. Pemilihan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari digelar pada Sabtu (7/7) diikuti 5 pasang calon.

Buol

Pasangan Amiruddin Rauf Pusadan-Samsuddin Koloi dipastikan memenangkan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. Hal tersebut disampaikan anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tengah, Yahdi Basma, yang saat dikonfirmasi via telepon, Kamis, 12 Juli 2012, sedang mengikuti proses rekapitulasi penghitungan suara di KPU Kabupaten Buol.

Pasangan nomor urut satu yang diusung Partai Hanura, PKS, dan Gerindra ini meraup 36.436 suara atau 48,77 persen. Dia mengalahkan bupati bertahan, Amran Batalipu-Machmud Baculu, di urutan kedua dengan 29.755 suara atau 39,83 persen. Urutan ketiga ditempati Ramli Kadidia-Abdillah Bandung, yang mendulang 5.353 suara atau 7,17 persen. Pasangan Syahril Pusadan-Ahmad Andi Makka menempati urutan buncit dengan 2.348 suara atau 3,14 persen.

Tasikmalaya

Pasangan yang memperoleh suara tertinggi adalah Budi Budiman-Dede Sutrajat dengan nilai 58,41 % disusul oleh Sarif Hidayat-Cecep Bagja Gunawan dengan suara 34,41% dan Mumung Martasasmita-Taufik Faturohman dengan suara 7,75 %. Ini merupakan hasil perhitungan cepat yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) dalam Pemilihan Kepala Daerah Tasikmalaya dengan sampel 200 TPS di sepuluh kecamatan.

Budi yang didukung oleh sebagian partai berbasis Islam seperti PPP, PBR, PBB, Partai Demokrat, PKB, dan PKS unggul hingga 50% dihampir seluruh kecamatan. Sedangkan Syarif yang didukung oleh partai nasionalis seperti PDIP dan Golkar mengalami penurunan terutama di daerah Pakubumi dan Cipedes yang pemilu 2007 menang telak melawan Budi.

“Tahun ini petugas TPS dinilai lebih pro aktif dengan mendatangi rumah waga yang tidak hadir saat pemilihan. Ada yang berhasil ada juga yang tidak karena partisipasinya hanya 76% dan hampir sama seperti 5 tahun sebelumnya.

Redaktur: Shabra Syatila

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2014 Designed & Developed by Ibrahim Vatih