Indahnya Surga Yang Jarang Orang Tau

Wednesday, 21 December 2016 (1:10 pm) / Dakwah

Indahnya surga mungkin selalu kita bayang-bayangkan ketika seorang dai memberikan ceramahnya kepada kita semua. Bagaimana tidak? Indahnya surga selalu digambarkan dengan segala keindahan dan kenikmatan yang tak pernah ada habisnya, misalnya bidadari surga yang tak pernah tersentuh oleh manusia, umur yang tak pernah tua, Dan lain sebagainya. Mungkin anda bertanya-tanya bagaimana caranya mendapatkan surga

Cara Menggapai Surga

indahnya surga

palingyunik.blogspot.co.id

Allah Ta’ala berfirman “Bersegeralah kalian mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, di mana surga itu telah disediakan bagi orang-orang yang bertakwa. (Yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan, Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan." (QS. Ali-Imran: 133).

Disurah Ali Imran: 133 Allah Ta’ala menjelaskan kepada manusia bahwa apabila surga hanya ditujukan bagi orang-orang yang bertakwa yang selalu berbuat kebaikan. Di ayat ini juga dijelaskan beerapa amalan yang dapat mengantarkan seseorang mencapai surga Allah Ta’ala.

  • Bersedekah Dikala Lapang dan Sempit

indahnya surga

masjidku.id

Bersedekah adalah sesuatu yang sulit bagi sebagian orang, karena mereka masih beranggapan bahwa sedekah itu mengurangi harta, namun padahal Allah Ta’ala sudah menerangkan pada Surah Al Hadid 18 “Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan RasulNya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak" (QS Al Hadid 18)

Bersedekah dikala lapang mungkin terasa gampang, akan tetapi bersedekah dikala sempit tak semua orang bisa melakukannya. Walaupun belum bisa melakukannya namun kita masih bisa mengupayakannya. Dikarenakan surga tak mudah diraih oleh banyak orang maka kita harus berusaha agar kita menjadi orang yang pantas tinggal di surga.

  • Selalu Menahan Amarah

indahnya surga

hujanbulanmei.tumblr.com

Arti kata menahan amarah ialah ketika seseorang dibuat marah dan sudah seharusnya ia pantas untuk marah namun ia tidak jadi marah karena ia takut Allah Ta’ala murka kepadanya karena kemarahannya tersebut. Sehingga ia menahan amarahnya itu.

Dalam hadits riwayat Abu Hurairah disebutkan, “Orang yang kuat bukan orang yang menang dalam pertandingan. Orang yang kuat adalah orang yang bisa menahan amarahnya ketika ia sedang marah." (HR. Bukhari dan Muslim).

Amarah memang sifat manusiawi dan terkadang tidak bisa ditahan namun seseorang yang paham bahwa dengan menahan amarhnya tersebut ia akan mendapatkan surga Allah Ta’ala maka dengan sekuat tenaga ia akan menahan amarahnya tersebut.

  • Memaafkan kesalahan orang lain

indahnya surga

carakuberbagi.blogspot.com

Memaafkan kesalahan orang lain sudah menjadi satu paket dengan kesabaran. Bagaimana mungkin orang bisa memaafkan sedang ia tak punya kesabaran. Maka apabila orang yang memiliki rasa sabar yang tinggi maka ia akan mudah untuk memaafkan kesalahan orang lain.

Memaafkan kesalahan orang lain bukanlah hal yang mudah apalagi ketika orang lain berbuat dzolim kepada kita. Dalam ajaran islam tak ada istilah kejahatan dibalas dengan kejahatan pula, namun yang ada kejahatan dibalas dengan kebaikan.

Walaupun memaafkan kesalahan orang lain terasa sulit akan tetapi kita juga harus sadar bahwa untuk mendapatkan surga juga sulit, hanya orang-orang yang selalu berbuat kebaikan yang akan mendapatkan surga Allah Ta’ala. Dikarenakan surga sulit dicapai keindahan didalam surga juga tidak main-main.

Indahnya Surga

indahnya surga

lampuislam.org

Walaupun kita membayangkan betapa indah dan nikmatnya ketika berada di surga tetap saja keindahan dan kenikmatan surga tak bisa kita rasakan seperti firman Allah Ta’ala berikut ini

“Seorangpun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam ni’mat) yang menyedapkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan." (As Sajdah : 17).

  • Merasakan nikmatnya arak, madu dan sungai susu.

indahnya surga

lensaremaja.com

Apabila anda pernah minum susu namun apakah anda bisa membayangkan sungai susu? Apakah anda pernah minum arak yang tidak memabukan? Di surga nanti ada sebuah sungai khusus arak yang tidak memabukan. Apakah anda bisa membayangkan tentu saja tidak bisa. Semua nikmat itu ada di surga sebagaimana Allah Ta’ala berfirman

“(Apakah) perumpamaan (penghuni) surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tidak berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamer (arak) yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring." (Muhammad : 15).

  • Mendapatkan Istri Yang Belia dan Berumur Sebaya

indahnya surga

Ketika kelak kita sudah berada di surga maka Allah Ta’ala memberikan kita istri yang belia, sebagaimana firman Allah yang artinya, "Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa mendapat kemenangan, (yaitu) kebun-kebun dan buah anggur, dan gadis-gadis remaja yang sebaya." (An Naba’ : 31-33)

  • Hidup Kekal Didalamnya

indahnya surga

lampuislam.org

Apabila anda bercita-cita hidup kekal maka anda cita-cita tersebut baru akan bisa terwujud apabila anda sudah berada disurga. Rasulullah Sallallahu Alaihi Wassalam ditanya tentang surga, “Bagaimanakah surga?" Beliau menjawab, “Barang siapa yang masuk surga akan terus hidup tak akan mati, terus akan mendapatkan kenikmatan tidak akan susah, tak akan lapuk bajunya, dan tak akan hilang masa mudanya."

Redaktur: Abdullah Istiqomah

Sebarkan Pada Sesama



© Copyright 2017 fimadani.com.