Da’i Asal Palembang Bangun Rumah Tahfidz Al Quran di Hongkong

Rabu, 22 Februari 2012 (6:00 am) / Uncategorized

Da’i asal Palembang, Masagus Fauzan Yayan, mengelola delapan rumah tahfidz (menghafal) Al-Quran di Palembang yang terkenal dengan nama Rumah Tahfidz Terapung.

Kehadiran Ustadz Fauzan di Hong Kong karena diutus oleh PPA Darul Quran Jakarta pimpinan Ustadz Yusuf Mansur untuk merintis rumah tahfiz di negeri beton ini. Kegiatan Rumah Tahfiz melakukan pembinaan atau membimbing BMI HK supaya lancar membaca, menghafal, dan memahami Al-Quran.

“Tujuan rumah tahfidz adalah memerangi buta aksara dan bahasa Al-Quran,” katanya seraya menjelaskan pengajaran akan dilakukan dengan metode CSQ –Cerdas, Cermat, Quantum. Ia juga akan mengajar dengan modul karangan sendiri, termasuk yang tertuang dalam bukunya, Kiat Jitu Bersahabat dengan Al-Quran: Quantum Tahfidz.

Buku Quantum Tahfidz merupakan modul cara cepat menghafal Al-Quran. Memahami Quran juga ada modulnya, yaitu SimaQ –Sistem Memahami Al-Quran. Sistem mengajar di bascamp Rumah Tahfidz di lantai 1 Rita House, samping KJRI HK, ini juga menggunakan layar agar yang belajar mengaji itu tertarik, lebih fun dan enjoy dalam belajarnya.

Kelas dibuka bukan hanya hari Minggu. Ustadz Fauzan juga siap mengajar di hari-hari biasa. “Bisa juga lewat telepon kalau kawan-kawan sibuk kerja,” katanya.

“Bila kawan-kawan tidak bisa membaca, maka saya akan menuntun dan membimbingnya. Bila tidak bisa membawa Al-Quran, maka akan disiapkan lembaran foto kopianya,” jelasnya.

Ustadz Fauzan juga aktif mensosialisasikan Majelis Dhuha yang kegiatanya adalah melaksanakan Shalat Dhuha bersama. “Shalat Dhuha merupakan pintu utama menjemput rezeki,” jelasnya.

“Teman-teman BMI merantau, mengadu nasib ke Hong Kong, dengan tujuan mencari rezeki. Untuk itu, kita harus memahami tentang rezeki tersebut agar menjadi berkah.”

Dijelaskannya, faidah Shalat Dhuha ini sangat bagus agar rezeki mengalir dengan lancar dan berkah.

“Rencananya pada bulan Mei nanti, saya dan Ustadz Yusuf Mansur akan mengadakan event wisuda akbar untuk teman-teman yang sudah belajar menghafal dan memahami empat surat, yaitu surat Ar-RAhman, Al-Muluk, Al-Waqi’ah, dan Yasin.”

Alamat Rumah Tahfidz di 125, 1/f Rita House, Causeway Bay, samping KJRI Hong Kong, Tlp. 6375903

ddhongkong | fimadani

Redaktur: Shabra Syatila

Copyright © 2011 – 2014