urbanQurban: Aplikasi Android Untuk Beribadah Qurban

Sabtu, 13 Oktober 2012 (10:43 am) / Creative Features

Qurban praktis hanya dengan beberapa klik saja, bisa?

Berkembangnya ilmu dan teknologi, semakin membuat para kaum muslim terpelajar menjadi lebih semangat dalam berdakwah. Salah satunya adalah dengan terbentuknya cara berkurban ala kaum urban yang diinisiasikan oleh Urban Qurban. Urban Qurban memberikan sentuhan baru, kreatif dan canggih dalam berkurban, dimana mereka menggunakan aplikasi android untuk beribadah. Ide fresh yang digerakkan oleh komunitas Depok ini merupakan yang pertama di dunia, dan Indonesia patut bangga karenanya.

Ide besarnya adalah menghubungkan antara peternak tradisional di desa, kaum urban, dan komunitas social entrepreneur lewat teknologi. UrbanQurban merupakan proyek kolaborasi antara 3 perusahaan kreatif yang menawarkan sebuah konsep unik dan baru dalam berkurban, yakni memakai cara kaum urban: lewat teknologi. “Klak.. klik.. selesai! Pernah qurban sepraktis ini?” papar website http://urbanqurban.com ini. Pencetus gerakan ini adalah 3 perusahaan kreatif: D!Yours Human Centered Design (HCD), Badr Interactive, dan Twip Studio.

“Kami berusaha membantu peternak kambing dan sapi tradisional untuk menembus kelas menengah. Kelas menengah atau kaum urban bergaul akrab dengan teknologi. Oleh karena itu kami ciptakan inovasi gerakan kolaborasi sosial lewat teknologi,” kata Fahry Yanuar Rahman, Maestro D!Yours HCD, salah satu perusahaan kreatif pencetus gerakan.

Nilai Positif UrbanQurban

UrbanQurban memberi rasa baru dalam berkurban: mudah, menyenangkan, dan memberdayakan. Lewat website http://urbanqurban.com, kita bisa memesan kurban yang kita inginkan. Ada kambing dengan bobot 20-25 kg yang berharga Rp1.284.500 atau sapi dengan bobot 200-240 kg dengan harga Rp8.950.000. Setelah memesan, pelanggan bisa menunggu waktu hari-H kurban dengan bermain minigame urbanQurban di Android.

Game mini urbanQurban terdiri dari tiga menu. “Play”, “How to Play”, dan “About”. Dalam game mini ini, sebagai pemilik, kita harus merawat kambing kita dengan baik. “Mirip dengan Tamagochi,” kata Edo, Character Stylist TWIP Studio, “Kita harus merawat kambing kita di game ini dengan baik”. Ada beberapa pilihan cara “merawat” kambing, yakni memandikannya, memberi makan, tidur, dan mengajak kambing bermain.

Ada game mini lagi saat kita mengajak kambing bermain. Jika kita berhasil memenangkannya game ini, kita akan mendapatkan poin. Ada tawaran menarik saat poin sudah terkumpul banyak “Kalau sudah mendapat 200 poin dan kelipatannya, kita bisa mendapatkan diskon 10% untuk seluruh produk yang dijual oleh 50 social entreprise yang bekerjasama dengan kami..”, terang Jay, CEO Badr Interactive.

Pemberdayaan Masayarakat Penderita Kusta

Pada hari-H, pelanggan dapat melihat kondisi lapangan tempat penyembelihan secara realtime dengan menggunakan teknologi. Hasil dagingnya nanti akan didistribusikan ke 50 komunitas masyarakat social entrepreneur. Ini dia yang menarik: berkurban tidak sekadar berkurban, tetapi juga memberdayakan komunitas masyarakat. Salah satu komunitas masyarakat itu adalah penduduk desa Sitanala, Tangerang. Penduduk Sitanala itu mantan penderita kusta yang secara sosial-ekonomi terisolasi dari masyarakat. Nalacity memberdayakan Sitanala dengan cara menggerakaan ekonomi mereka lewat produksi jilbab. Daging dari urbanQurban ini akan disalurkan ke Sitanala dan 49 komunitas masyarakat yang perlu diberdayakan lainnya.

Perintah BerQurban

Sebagai salah satu syiar Islam yang disyariatkan berdasarkan dalil Al Qur’an, sunnah Rasul dan Ijma’ kaum muslimin, maka sudah seharusnya lah kita mendahulukan tugas ini. Sesuai dengan firman Allah:

“Dan untuk setiap umat Kami tetapkan ibadah qurban, supaya mereka mengingat nama Allah terhadap   rizki yang   telah   Allah  karuniakan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka sesembahan kalian itu adalah sesembahan yang satu, maka hanya kepada-Nyalah kalian berserah  diri.” (QS. Al Hajj: 34).

Maka, sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak berkurban, apalagi setelah adanya kemudahan yang diinisiasikan oleh UrbanQurban ini. Kaum urban yang tidak punya waktu dan akrab dengan teknologi bisa berkurban dengan aman dan nyaman. Pedagang kurban mendapat penghasilan. Masyarakat diberdayakan. Social entreprise yang memberdayakan mereka pun berkontribusi. Dan yang terpenting, inovasi kolaborasi sosial ini didirikan oleh para pemuda muslim negeri ini.

Tentang UrbanQurban

UrbanQurban adalah lembaga penyalur qurban berbasis social farming. Layanan UrbanQurban merupakan layanan All in One qurban service.

Page facebook UrbanQurban: http://www.facebook.com/urbanQurban
Website: http://www.urbanqurban.com

Oleh:  Shopia Mulyani, Jakarta Selatan
Facebook - Twitter

Redaktur: Fimadani

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2014 Designed & Developed by Ibrahim Vatih