3 Kekuatan Fokus untuk Kesuksesan Hidup
Wednesday, 17 December 2014 (12:54 am) / Psikologi
FOCUS/targetprocess.com

Kini, banyak artikel yang sudah membahas fokus sebagai kunci sukses dalam hidup. Namun, tetap saja orang tidak pernah benar-benar fokus dalam hidupnya. Hal ini disebabkan oleh adanya gangguan-gangguan setiap hari yang membuat orang kehilangan fokusnya. Ada 3 cara untuk mengembalikan kekuatan fokus dalam diri Anda.

Pertama, dengan memilah-milah atau identifikasi tujuan hidup. Semakin detail kita menentukan tujuan hidup, semakin fokus pula langkah-langkah yang kita tempuh. Orang yang tidak tahu apa yang dia lakukan dalam hidup, kemungkinan besar tidak fokus dalam hidupnya. Luangkan waktu untuk mengidentifikasi target yang akan anda kerjakan dan mulailah untuk fokus. Bila perlu, buatlah daftar khusus agar Anda benar-benar tahu apa yang akan Anda lakukan pada hari itu.

Kedua, ambil keputusan dengan tepat. Keputusan di sini berarti kaputusan Anda untuk mengerjakan apa yang penting, apa yang bisa ditunda dan apa yang bisa dibatalkan. Mengatur prioritas juga dapat membantu Anda agar lebih fokus dalam mengerjakan tugas. Jika tidak menentukan prioritas, Anda akan kebingungan dengan setumpuk pekerjaan yang datang kepada Anda.

Jika kebingungan melanda, STOP semua kegiatan. Biarkan diri Anda sejenak merenungkan apa yang sedang Anda lakukan. Anda dapat menenangkan diri dengan shalat, membaca alqur’an, berdzikir, dan kegiatan positif lainnya. Jangan memkasakan diri untuk terus bergerak, karena Anda akan semakin kehilangan fokus.

Ketiga, klasifikasikan daftar pekerjaan Anda. Jika terlalu banyak hal yang harus dikerjakan dalam waktu singkat, kembalikan pada prioritas yang telah Anda susun. Lakukan semaksimal mungkin, karena dalam keadaan terpaksa, seseorang dapat menjadi sangat fokus dalam melakukan pekerjaannya. Usahakan agar satu pekerjaan Anda selesai dengan baik, lalu beralihlah ke pekerjaan yang lain. Hal itu lebih baik daripada Anda memikirkan banyak pekerjaan dalam satu waktu namun akhirnya semuanya tidak selesai.

Demikian cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengumpulkan fokus demi kesusesan dalam hidup Anda. Jangan lupa untuk memperbanyak dzikir, agar pikiran Anda tetap fokus. Dengan mengingat Allah, Insya Allah fokus akan lebih cepat didapat.

Redaktur: Indriani Taslim

Sebarkan Pada Sesama

Copyright © 2011 – 2017 Designed & Developed by Ibrahim Vatih